Opini

4 Langkah Mudah Migrasi Ke Linux

4 Langkah Mudah Migrasi Ke Linux

Sebawa.com – Seringkali teman-teman saya beranggapan bahwa menggunakan sistem operasi linux harus belajar dengan cukup keras, dan ada juga yang beranggapan ketika bermigrasi ke linux itu sangat menakutkan. mari mulai dari sekarang buang jauh-jauh pikiran semua itu, karena di artikel ini ada beberapa cara sederhana untuk membantu anda dalam proses migrasi ini.


Artikel ini akan mencoba membantu anda untuk mempermudah tahapan migrasi dari sistem operasi windows ke sistem operasi linux. Semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai, anda yang masih ragu migrasi ke linux akan memiliki rencana yang cukup matang untuk migrasi ke linux dan akan berjalan sesuai keinginan.

Tahapan migrasi ke sistem operasi linux

Memilih distro linux dengan bijaksana

Ini merupakan kuncinya. sekarang banyak sekali distro linux yang tercipta, sebagai referensi anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang distro linux yang paling banyak digunakan.

Bisa dibilang untuk setiap jenis distro linux sesuai dengan penggunaannya. Bahkan sepengalaman saya menggunakan linux, ada linux dengan tampilan yang mirip seperti windows(jangan dianggap mencontoh ya, ini hanya sebuah taktik agar bisa lebih mempermudah tahapan migrasi).

Kebanyakan pengguna sistem operasi windows bermigrasi dengan menggunakan distribusi utama seperti Ubuntu, Red Hatatau, Fedora, OpenSUSE, alasannya salah satunya adalah dukungan. Misalnya saja distro Ubuntu banyak didukung banyaknya pengguna dan komunitas.

Gunakan software yang serupa sebelum bermigrasi

Jika anda menggunakan software serupa, tahapan migrasi akan lebih muda, Misalnya anda bisa membiasakan diri berselancar dengan menggunakan Firefox (saya rasa sudah terbiasa ya) atau edit foto dengan menggunakan GIMP, menulis dokumen dengan aplikasi pengolah kata seperti OpenOffice, anda juga bisa mengganti Outlook dengan Evolution atau Thunderbird dan masih banyak lagi.



Selalu periksa hardware yang digunakan sebelum migrasi

Salah satu maslah ketika bermigrasi ke linux adalah ketidak cocokan hardware, meskipun sekarang telah banyak hardware yang mulai dikenal di linux. Tetapi alangkah baiknya memastikan terlebih dahulu sebelum bermigrasi, Misalnya saja LAN Card, VGA, Sound Card. Untuk mempermudah pengecekan driver Linux bisa mengunjungi situs http://www.linux-drivers.org/.

Proses Installasi Software

Ketika menggunakan windows dalam proses installasinya sendiri tidak lebih dari double click file exe dan kemudian klik tombol next. Tetapi jika di Linux proses installasinya akan lebih terpusat.

Filosofi yang membuat saya berganti ke linux adalah banyak cara yang bisa dilakukan di linux yang tidak bisa dilakukan di Windows didalam menyelesaikan permasalahan di Linux. Dengan menggunakan Linux selalu saja ada banyak cara. Hal ini seringkali membingungkan saya ketika saya baru pertama kalinya menggunakan linux. Terutama ketika saya bertanya tentang permasalahan linux di sebuah forum dan saya mendapatkan beberapa jawaban berbeda untuk menyelesaikan permasalahan tunggal. Linux adalah sistem operasi handal, terjangkau, jadi tunggu apalagi ? saya mengejak anda untuk menggunakan linux.

Anda punya tips lain untuk bermigrasi dari windows ke linux ? yuk share di forum sebawa atau komen.






Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: