HTML, CSS BOOTSRAP

Apa Itu DHTML.? Apa Manfaatnya.? Kita Kenalan Yuk.!!

Sebawa.com – Untuk para development front-end arti DHTML sudah tidak asing lagi. Namun tidak ada salahnya kalau pada artikel kali ini, kami akan membahas sekilas tentang apa itu DHTML. DHTML itu bukanlah sebuah bahasa pemograman, melainkan hanya sebuah gambaran/istilah untuk tampilan website yang dinamis.

DHTML singkatan dari Dynamic HTML. Sedangkan HTML itu sendiri adalah sebuah bahasa pemograman yang sering digunakan untuk membuat halaman website. Dalam struktur pembuatan DHTML tidak jauh berbeda dengan halaman HTML.

Apa itu DHTML

DHTML ini adalah salah satu bentuk kemajuan, dimana anda bisa menyatukan antara HTML dengan CSS, Javascript atau Jqueri dan membuat halaman menjadi dinamis atau berubah ubah. Pembuatan DHTML ini bertujuan agar tampilan website kita lebih hidup atau interaktif. Dan biasanya, para user atau pengunjung akan lebih menyukai halaman dengan menggunakan DHTML ini.


Apa Manfaat Dari DHTML.?

Berbicara tentang manfaat dari DHTML sangatlah banyak, berikut merupakan manfaat dari penggunaan DHTML.

1. Membuat Halaman Lebih Interaktif

Seperti penjelasan singkat diatas, bahwa penggunaan DHTML ini dapat membuat halaman anda terlihat lebih interaktif. Penambahan CSS (Cascading Style Sheet), Javascript dalam satu halaman membuat anda lebih bisa bekreasi lebih ketimbang menggunakan full bahasa HTML.

2. Ukuran File Lebih Kecil

Manfaat lain dari penggunaan DHTML adalah tidak memakai jumlah memori/disk yang banyak. Seperti contoh :

Halaman Full HTML

<table bgcolor=”#FF00FF” align=”center” width=”100%” height=”50%”>Contoh Tabel</table>

Halaman Dengan DHTML

<style type=“text/css”>
Table {
background-color: #FF00FF;
height: 50px;
width: 100px;
align-content: center;
}
</style>

<table>Contoh Tabel</table>

Mungkin untuk penulisan 1 atau 2 kali, hal tersebut tidak memakai disk space yang banyak, tapi coba kita bayangkan jika anda memiliki 100, 200 atau 1000 kali menampilkan tabel. Berapa banyak bgcolor yang anda tulis dan berapa banyak size halaman website anda. Hal tersebut dapat membuat website anda menjadi lamban.


3. Lebih Sederhana Dan Mudah Diatur

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan dengan menggunakan DHTML ini adalah proses yang lebih sederhana dan mudah diatur. Dimana anda tinggal menyisipkan class atau id dari CSS ke dalam script html anda tanpa harus menulis kembali atribut tampilan dari syntak.

4. Bisa Berkolaborasi Dengan Bahasa Lainnya

Jika kita mengunakan html mungkin anda akan kebingungan dalam menyelesaikan masalah. Seperti contoh, anda menginginkan menu dropdown. Jika menggunakan full html, kemungkinan akan memakan beberapa baris program yang sangat banyak, namun dengan DHTML ini kita bisa mengkolaborasikan antara HTML, CSS juga Javascript. Dengan demikian syntak dalam satu halaman pun akan lebih sedikit dan memiliki fungsi yang lebih baik.

Jika anda ingin melihat seperti apa halaman DHTML, dan mungkin anda bisa praktekkan dirumah, anda bisa lihat langsung untuk contoh halaman DHTML sederhana di Jatnikadisza.esy.es




Article written by Athar Jatnika

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

This Post Has 2 Comments

  1. Blog Eka Reply

    Masih bingung mas, hehehe keknya butuh pencerahan lagi tentang ini. Soalnya dari penglihatan mata awam ini ga beda dengan inline css

  2. Athar Jatnika Reply

    sebenernya DHTML itu udah umum mas, membuat halaman web yang dicampur aduk ama jquery, css atau javascript itu udah termasuk DHTML. Framework jenis boostrap juga termasuk ke dalam salah satu contohnya. Mungkin cuma namanya aja yang asing.. 😀 haha

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: