e-punten
News

Warga Tidak Permanen Kota Bandung Harus Permisi Via E-Punten

Sebawa.com– Beberapa hari yang lalu, pemerintah kota kembang meluncurkan sebuah aplikasi pelayanan masyarakat dalam hal pendataan penduduk tidak permanen. Aplikasi pelayanan masyarakat ini diluncurkan langsung oleh Ridwan Kamil yang merupakan Walikota Bandung.

Apa itu e- Punten ?

Kota Bandung yang masyarakatnya berbudaya sunda, ketika mendengar kata “punten” pasti tidak akan asing lagi. Punten dapat diartikan sebagai permisi, dan kata inilah yang menjadi nama dari aplikasi baru di kota kembang tersebut.

Aplikasi yang diberi nama e-PunTen (Elektronik Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen) dibuat untuk membantu warga dari luar kota Bandung yang ingin menetap di Bandung dalam kurun waktu yang terbilang cukup lama.

Warga yang ingin menetap di Bandung dihimbau untuk melakukan pendaftaran sebagai bentuk perlindungan apabila terjadi masalah yang menimpa. Dengan aplikasi ini pula, pemerintah kota Bandung pun dapat mengetahui pasti jumlah penduduk yang ber-KTP Kota Bandung dan ber-KTP luar Kota Bandung.

Kehadiran dari aplikasi e- PunTen pun di promosikan melalui akun sosial media Walikota Bandung dan mengingatkan pula agar warga pendatang di Kota Bandung segera mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS).

Aplikasi e-PunTen dapat dengan mudah diunduh dengan mudah di Google Play Store, sehingga warga tidak repot untuk melakukan pelaporan ke kantor pemerintah. Karena dengan adanya e-PunTen, kegiatan pelaporan tersebut dapat dilakukan langsung dari rumah.


Bagi warga Kota Bandung yang menetap lebih dari 6 bulan, dapat mengakses situs www.epunten.bandung.go.id atau mengundung aplikasi e-PunTen untuk perangkat android. Pendaftaran e-PunTen pun terbilang mudah yaitu cukup dengan mengisi data informasi pribadi.

Data informasi pribadi yang harus diisi mencakup pada nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, domisili asal dan domisili di Bandung. Adapun data yang harus diunggah adalah pas foto, pengantar dan kopi e-KTP

Ketika proses registrasi pada aplikasi e-PunTen selesai, maka warga pun akan mendapatkan balasan dan petunjuk lanjutan. Setelah itu, STKS yang sudah diberikan dapat dicetak warga di kantor kecamatan, tempat pendaftar bermukim.

Jadi, untuk penduduk tidak permanen di Bandung segera lakukan pendaftaran melalui e-PunTen.




Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: