kemerdekaan di era digital
Opini

Arti Kemerdekaan Di Era Digital Untuk Indonesia

Arti Kemerdekaan Di Era Digital

Sebawa.com – Kita hidup di era digital, dimana semua kemudahan bisa didapat dengan sangat mudah. era digital membuat kita benar-benar merasa inilah kemerdekaan yang sesungguhnya. Berbagai macam informasi bisa kita akses dengan sangat mudah, tentunya hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan.

Mungkin hal tersebut sangat bertolak belakang dengan keadaan tanah air kita pada zaman dahulu. Zaman sebelum Indonesia mampu mengibarkan sang merah putih di tanahnya sendiri. Dimana para pejuang berjuang keras memukul mundur para penjajah hanya dengan sebilah bamboo runcing dan tekad yang kuat.


Hingga akhirnya sang proklamator mampu memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17  Agustus 1945 yang disambut dengan suka cita seluruh negeri ibu pertiwi. 72 tahun lamanya Indonesia merdeka, melewati berbagai macam arus zaman yang menerpa negeri ini.

Sebagai anak bangsa, memuliakan negerinya sendiri adalah kewajiban. Apalagi di zaman yang sudah semodern ini, di era digital yang memudahkan berbagai macam akses untuk bisa dijangkau dengan mudah.

Sebagai penerus bangsa, tugas kita hanyalah meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa demi kemerdekaan yang abadi untuk Indonesia. Walau tak harus membawa bamboo runcing, tak harus bertahan di lahan yang penuh dengan rudal atau berteriak merdeka di depan para penjajah.

Hanya dengan memanfaatkan berbagai macam akses di era digital ini dengan cara yang positif sehingga mampu membangun bangsa untuk masa depan yang lebih baik. Bukan dengan menggunakannya untuk berbagai hal negatif dan meniru gaya hidup barat agar bisa dibilang kekinian.



Mungkin kamu berfikir, bahwa era digital ini merupakan sebuah arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Tapi hal tersebut belum bisa dibilang sebagai arti kemerdekaan yang sesungguhnya jika kamu memanfaatkan era digital untuk mengakses berbagai macam situs porno, transaksi narkoba, atau hal negative apapun untuk bisa dibilang kekinian.

Arti kemerdekaan di era digital ini bukan agar kamu bisa menjadi kekinian dengan merusak bangsa, tapi bagaimana kamu bisa memanfaatkannya untuk masa depan lebih baik. Jangan mau dijajah oleh diri sendiri setelah Indonesia mampu mengibarkan sang pusaka hanya karena kamu tidak mampu untuk melawan dampak negative dari kecanggihan abad ini.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

This Post Has 2 Comments

  1. Hiburan keren Reply

    Wuih, keren gan artikelnya dan gue doakan semoga agan menang lomba

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: