Opini

Begini Cara Menggunakan Media Sosial Yang Benar

Begini Cara Menggunakan Media Sosial

Sebawa.com – Siapa di antara anda yang tidak mempunyai media social/aplikasi chat ? Rasanya, hampir tidak mungkin jika di era global seperti sekarang ini anda tidak mempunyai media social. Paling tidak, anda bisa memiliki salah satu dari banyaknya media sosial yang ada.


Seperti sudah menjadi gaya hidup, menggunakan media social saat ini bisa di katakan menjadi sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan social media bisa memberikan akses kemudahan untuk manusia di bidang informasi. Tak hanya itu, dengan adanya media social ini pula komunikasi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Adanya perbedaan waktu dan jarak tidak akan berarti lagi karena informasi akan tersebar secara luas dan cepat. Tak heran, apabila keberadaan media social sangatlah di butuhkan untuk memudahkan keseharian manusia.

Saat ini, telah tersedia berbagai macam aplikasi media social yang di gunakan untuk mengaktualisasi diri seperti, facebook, instagram, snapchat, path,whatsapp dan lainnya. Di setiap media social tersebut tentu menawarkan ciri khasnya sendiri, salah satunya yaitu instagram dan aplikasi chat whatsapp yang tengah menjadi trend di kalangan dewasa dan remaja.

Baca Juga : Tips mengatasi bully di sosial media

Instagram menjadi aplikasi media social untuk berbagi foto dan video. Fitur yang di miliki oleh media social yang satu ini terbilang sangat lengkap dan menarik seperti hashtag, filter, direct message, video berdurasi 60 detik hingga unggahan catatan harian. Tak ayal, bahwa aplikasi ini banyak menyedot perhatian kalangan dengan jumlah pengguna sebanyak 89 persen dengan rentang usia 17-34 tahun dari Indonesia.



Semua aktivitas yang anda lakukan setiap harinya bisa anda unggah lewat instagram melalui catatan harian, unggahan foto dan video saat kegiatan sekolah, liburan, bekerja atau sekedar melakukan aktivitas santai. Dan secara tak langsung, kebanyakan akan megetahui karakter seseorang hanya dengan melihat unggahannya tersebut.

Meskipun ada pepatah yang mengatakan bahwa “jangan menilai buku hanya dari sampulnya”, akan tetapi mengetahui informasi dari media social mampu memberi informasi dasar tentang diri mereka. Anda bisa mengetahui informasi tentang pendidikan, hobi, atau pekerjaannya. Tidak menutup kemungkinan pula anda bisa mengetahui informasi yang bersifat pribadi seperti tempat tinggal.

Melihat situasi tersebut, sebagai generasi di era modern kita harus bisa bersikap bijak dan hati-hati dalam menggunakan media social. Sebaiknya, sebelum mengunggahnya anda bisa mem-filter terlebih dulu mana yang pantas di perlihatkan secara umum, atau mengirim informasi yang benar-benar aman untuk di kirim lewat sosial media/aplikasi chat.




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

This Post Has 3 Comments

  1. Android Malware Reply

    ternyata selama ini saya memakai social media belum sepenuhnya benar ya :3

  2. Yulianto Reply

    Wah.. Jadi tau saya… Terima kasih ya

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: