Pemrograman PHP

Belajar Bahasa Pemrograman PHP Bagian 1




Sebawa.com – Dalam belajar bahasa Pemrograman PHP ini yang merupakan bahasa pemrograman server side yang dibuat khusus untuk pengembangan wesbite. menurut wikipedia PHP juga digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. Pemrograman PHP sendiri dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dan sekarang PHP di kelola ole The PHP Group.

belajar bahasa pemrograman php

Kanapa PHP disebut sebagai bahasa pemrograman server side ? itu dikarenakan PHP diproses didalam komputer server. Sangat berbeda jika kita berbicara bahasa pemrograman JavaScript yang merupakan bahasa pemrograman client-side yang artinya diproses pada web browser (client).

Belajar Bahasa Pemrograman PHP

Sebagian dari kita mungkin sudah pernah belajar bahasa pemrogrman PHP dan sudah tau kepanjangan dari PHP yaitu Hypertext Preprocessor tapi itu sekarang, bagaimana jika dulu ? awalnya PHP merupakan singakatan dari Personal Home Page. Sesuai dari nama tersebut pada awalnya PHP dibuat untuk membuat website pribadi. Tapi dalam perkembangan PHP sendiri yaitu menjelma menjadi sebuah bahasa pemrograman web yang powerful dan bukan hanya dipergunakan untuk membuat sebuah halaman website sederhana, tetapi sebuah website yang populer dan telah dipergunakan banyak orang seperti halnya wikipedia, wordpress, framework seperti CodeIgniter, dll.

Pemrograman PHP dapat dipergunakan secara gratis dan pemrograman PHP bersifat Open Source. PHP sendiri dirilis dalam sebuah lisensi PHP Licensi, sangat berbeda jika kita berbicara soal lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek-proyek Open source.

Apa fungsi bahasa pemrograman PHP ?

Dalam sebuah pembuatan halaman website, sebenarnya pemrograman PHP bukanlah bahasa pemrogrman wajib dalam membuat website. Mungkin kita bisa menggunakan HTML saja untuk membuat website. Halaman website yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS biasa disebut dengan website statis, yang dimana konten dihalaman tersebut bersifat tetap.

Jika kita bandingkan, website dengan konten dinamis bisa kita menggunakan PHP yang merupakan situs website yang bisa disesuaikan tampilan kontennya tergantung dari situasi. Website yang dinamis tentunya bisa menyimpan data kedalam database, bisa membuat halaman berubah sesuai dengan user, proses form dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan website, kode PHP bisa disisipkan kedalam dokumen HTML. Mungkin karena fitur tersebut PHP seringkali disebut bahasa pemrogrman script.


Dalam belajar bahasa pemrograman php ini saya akan contohkan penggunaan PHP, misalnya kita akan membuat sebuah penomoran dari 1 sampai dengan 5 dan kita hanya akan menggunakan HTML, maka secara manual pun kita bisa membuatnya seperti contoh dibawah :

<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan HTML</title>
   </head>
<body>
<h2>Daftar Rangking</h2>
   <ol>
      <li>Rangking ke-1</li>
      <li>Rangking ke-2</li>
      <li>Rangking ke-3</li>
      <li>Rangking ke-4</li>
      <li>Rangking ke-5</li>
   </ol>
</body>
</html>

Maka halaman tersebut akan menghasilkan urutan no 1 sampai 5, caranya cukup mudah anda hanya perlu meng copy tag <li> dan ganti angkanya sebanyak 5 kali.

tetapi bagaimana jika kita akan membuat penomoran sampai 2000 ? masa harus copy paste sampai ribuan kali ? tentunya akan tidak efektif dan memakan waktu.

Tetapi jika anda menggunakan PHP, kita hanya cukup membuat beberapa baris kode, di PHP kita hanya cukup memakai perulangan for sebanyak 2000 kali hanya dengan beberapa baris kode, contohnya sebagai berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Contoh list dengan HTML</title>
</head>
<body>
<h2>Daftar Rangking</h2>
<ol>
<?php
for ($i= 1; $i <= 2000; $i++)
{
echo “<li>Rangking ke-$i</li>”;
}
?>
</ol>
</body>
</html>

hasilnya akan seperti dibawah ini :

Belajar Bahasa Pemrograman PHP

 Dengan menggunakan kode yang lebih sedikit kita bisa membuat penomoran sampai 2000 bahkan bisa sampai 200.000 kali dengan hanya mengubah variabel $i.

Pemrograman php tentu saja bukan hanya bisa melakukan hal tersebut, masih banyak yang bisa dilakukan pemrograman ini, seperti input database, menghasilkan gambar, merubah file text ke file PDF, management session. dan hal lain yang bisa kita pelajari dalam belajar pemrograman PHP di Sebawa.com.





Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

This Post Has 2 Comments

  1. Pingback: Belajar Bahasa Pemrograman Dengan Tips ini Pasti Bisa ! - Sebawa.com

  2. Pingback: Belajar Bahasa Pemrograman PHP Bagian 2 : Mempelajari Cara Kerja PHP di Web Server - Sebawa.com

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: