Pemrograman PHP

Belajar Bahasa Pemrograman PHP Bagian 5: Aturan Penulisan Kode PHP




Sebawa.com – Bahasa Pemrograman PHP memiliki aturan dalam penulisan kodenya sama dengan bahasa pemrograman yang lain, misalnya saja perbedaan antara huruf besar dan kecil, cara mengakhiri baris sebuah perintah, serta pengaruh dalam penggunaan spasi dalam penulisan kode PHP. Di catatan saya tentang belajar bahasa pemrograman PHP bagian 5 ini akan memaparkan aturan dasar penulisan bahasa php ini.

belajar bahasa pemrograman php

Aturan Penulisan Kode PHP

Perbedaan penggunaan huruf besar dan kecil

Bahasa pemrograman PHP sendiri tidak membedakan huruf besar maupun kecil untuk penamaan function, class, atau pun keyword dari PHP itu sendiri misalnya echo, while dan juga class. Misalnya seperti kode dibawah ini :

</pre>

<?php 
Echo “Hello, Indonesia”; 
ECHO “Hello, Indonesia”;
 EcHo “Hello, Indonesia”; 
?>
<pre>

 





Biasanya keyword dalam PHP untuk penulisan echo menggunakan huruf kecil, tapi jika anda menggunakan huruf besar dan kecil seperti tiga baris di contoh kode diatas semuanya akan dianggap sama oleh PHP.  Namun, yang membedakan penggunaan huruf besar atau kecil di PHP yaitu untuk penamaan sebuah variabel, misalnya $nama, $Nama dan juga $NAMA merupakan 3 variabel berbeda didalam PHP. Biasanya banyak permasalahan error terhadap website/program yang dibangun dengan PHP letak error di bagian variabel, yang seharusnya menggunakan huruf kecil malah menggunakan huruf besar. Untuk menghindari terjadinya error pada variabel, saya sarankan untuk menggunakan huruf kecil. Saya akan memberikan contoh kembali, coba anda ketikan kode dibawah dan save di htdocs serta jalankan di browser.

</pre>

<?php 
$sebawa="sebawa";
 echo $Sebawa; // Notice: Undefined variable:Sebawa 
?>
<pre>

belajar bahasa pemrograman php

Jika saat dijalankan di browser, hasilnya seperti diatas menandakan bahwa terjadi error pada variabel Sebawa atau tidak ditemukannya variabel Sebawa.

Penulisan baris perintah pada bahasa pemrograman PHP

Baris perintah seringkali disebut Statement didalam bahasa pemrograman php yang merupakan kumpulan perintah berfungsi untuk memberikan intruksi kepada PHP untuk melakukan sesuatu. Baris perintah bisa menampilkan hanya dengan satu baris perintah misalnya echo yang berfungsi untuk menampilkan text. Bahkan bisa sesuatu yang rumit dan terdiri dari beberapa baris perintah, misalnya perintah pengkondisian if atau perulangan (loop). Supaya lebih jelas saya akan berikan contoh penggunaan perintah seperti dibawah ini :

</pre>

<?php echo "Hello, Indonesia"; 
sebuah_fungsi(21, "sebawa"); 
$a = 1; $nama = "sebawa"; 
$b = $a / 25.0; 
if ($y == $z) { 
echo "Tampilkan Tabel"; 
} ?>
<pre>

Jika kita melihat dari contoh baris perintah diatas, bahwa sebagai tanda akhir dari baris perintah di PHP menggunakan sebuah tanda semicolon (titik koma).

Tetapi jika kumpulan baris perintah dengan menggunakan tanda kurung kurawal misalnya kondisi IF atau perulangan yang tidak membutuhkan tanda titik koma setelah kurung penutup. Misalnya seperti dibawah ini :

</pre>

<?php 
if (true) { 
echo "Hello, Indonesia";  // tanda titik koma harus ditulis 
} // tidak diperlukan tanda titik koma setelah tanda kurung kurawal ?>
<pre>

Karakter spasi dan Tab di bahasa pemrograman PHP

Biasanya sepengalaman saya, spasi ataupun tab diabaikan saat eksekusi kode program PHP. Kita bisa memecah statement kedalam beberapa baris atau di satukan dari beberapa baris tersebut. Supaya lebih jelas saya akan memberikan contohnya.


<?php echo "Ini kalimat pertama"; echo "Ini kalimat kedua"; $nama="sebawa"; ?>


<?php echo "Ini kalimat pertama"; 
echo "Ini kalimat kedua"; 
$nama = "sebawa"; ?>

Meskipun pada contoh pertama lebih hemat tempat, tetapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara yang kedua, di usahakan untuk setiap statement berada pada satu baris, untuk memudahkan kita dalam membaca kode program. Menambahkan komentar disetiap baris yang rumit sangat saya sarankan. Pembahasan mengenai penggunaan komentar pada php akan saya bahas di tulisan saya berikutnya.

 





Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: