HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML bagian 1 : Pengenalan HTML

Belajar HTML

HTML Bukan Bahasa Pemrograman

Sebawa.com – Seringkali kita mendengar HTML dan beberapa orang berpendapat bahwa HTML merupakan bahasa pemrograman, padahal itu merupakan suatu kekeliruan. Mereka mungkin mengira bahwa HTML disebut bahasa pemrograman karena kerap penggunaannya biasanya bersama dengan bahasa PHP atau JavaScript.

Lantas apa itu HTML ? HTML memiliki kepanjangan yaitu Hyper Text Markup Language, dari kepanjangan tersebut, tentunya sudah bisa ditafsirkan bahwa HTML merupakan bahasa markah. Bahasa HTML ini dipergunakan untuk membuat sebuah halaman web, atau secara praktisnya HTML merupakan bahasa markah yang berisi banyak script untuk menampilkan sebuah dokumen pada halaman web.


HTML tidak dikatakan bahasa pemograman karena dalam bahasa ini tidak terkandung proses program atau struktur dari bahasa pemrograman seperti variable, if atau loop. Bahasa HTML merupakan bahasa struktur yang memiliki fungsi untuk menandai bagian dari sebuah halaman web.

Sejarah HTML

HTML memiliki banyak versi dimulai dari HTML 1 hingga HTML 5. Sekedar untuk menambah pengetahuan bahwa bahasa HTML ini sudah dirilis sejak tahun 1989 untuk versi pertama dan terus dikembangkan seiring dengan kemajuan dan kebutuhan teknologi hingga saat ini.

  • HTML 1

Dalam versi pertama, bahasa HTML hanya dapat digunakan untuk membuat heading, hypertext, cetak miring, cetak tebal, paragraph dan list. Dan pada versi pertama ini, dalam sebuah web hanya dapat menampung satu hingga dua gambar saja dan karena hal itu maka web di masa tersebut dominan dengan teks.

  • HTML 2

Pada versi selanjutnya, HTML memiliki beberapa penambahan fitur untuk membuat web menjadi lebih interaktif dengan dapat menampilkan gambar yang cukup banyak. Salah satu fitur yang ditambahkan adalah fitur form, HTML 2 ini dirilis pada tahun 1996.

  • HTML 3

Tahun berikutnya yaitu tahun 1997, HTML merilis kembali versi ke 3 dengan perkembangan yang sama yaitu menambahkan fitur baru. Pada masa itu, fitur baru yang cukup terkenal adalah fitur tabel yang terdapat disalam paragraf. HTML versi ke 3 juga dikenal dengan nama lain yaitu HTML+ dengan berbagai penambahan fitur fleksibel yang membuat tampilan web mwnjadi lebih interaktif. Merasa tak cukup puas, tak lama kemudian HTML pun merilis kembali HTML 3.2 yang mengurangi kesalahan dan melengkapi fitur yang sebelumnya pada HTML 3.



  • HTML 4

Pada perkembangan dalam versi HTML 4 ini membuat tampilan web mwnjadi semakin interkatif dan menarik yang membuat pengunjung menjadi nyaman. Versi ke 4 ini dirilis pada tahun 1999 dengan berbagai penmabahan fitur baru dan fitur yang cukup terkenal dalam versi ini adalah link dan imagesmaps.

  • HTML 5

HTML 5 ini merupakan merupakan versi yang dirilis resmi pada tahun 2009 dan diperbaharui hingga sekarang yang belum sepenuhnya mencapai final. Meski demikian, versi ini sudah membuat dunia web cukup tercengang karena dapat diterima banyak pengguna yang menjadi harapan sebagai standar web masa depan.

Komponen Lain Untuk Menjalankan File HTML

File HTML tidak dapat dijalankan atau dilihat hasilnya begitu saja, melainkan memerlukan komponen lain agar file HTML dapat dijalankan yaitu dengan menggunakan Web Browser. Tentu saja, anda sudah mengenal berbagai web browser dan menggunakannya hampir setiap saat.





Article written by dianti rahayu

i am free

This Post Has One Comment

  1. Bagas Reply

    NIce gan..
    terus bikin artikel kayak gini ya..

    Mungkin gan juga bisa belajar pemrograman disini penakngoding.blogspot.co.id

    Makasih gan

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: