HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML bagian 3 : Memilih Editor HTML

Belajar HTML

Sebawa.com – Setelah anda memutuskan mengenai browser yang akan dipakai, maka saat ini yang dibutuhkan untuk membuat kode HTML adalah aplikasi editor. Sebenarnya, banyak sekali aplikasi editor yang dapat digunakan untuk HTML, contohnya notepad++  dan adobe dreamweaver atau sublime yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Tips memilih aplikasi editor html



Untuk memilih aplikasi editor HTML bukanlah sebuah hal yang sulit atau membingungkan. Tujuan dari ddigunakannya aplikasi editor ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam membuat kode HTML. Pada dasarnya, kode HTML merupakan text yang ditulis dalam kode dan aturan yang berlaku khusus. Kemudian, fungsi dilanjutkan untuk menerjemahkan kode HTML menjadi tampilan halaman website yang anda harapkan.

Dalam membuat kode HTML, sebernarnya tidak diperlukan aplikasi yang terlalu besar atau berat, tapi cukup dengan menggunakan aplikasi sederhana saja. Jika anda merupakan pengguna sistem operasi windows, maka anda pun dapat menggunakan notepad bawaan dari windows. Dan berikut ini adalah perbedaan antar berbagai aplikasi editor yang salah satunya dapat anda pilih :

Notepad

Notepad merupakan text editor yang dapat digunakan untuk membuat kode HTML. Aplikasi notepad ini merupakan aplikasi yang paling sederhana yang telah tersedia sejak tahun 1985. Dalam pembuatan website notepad dapat berperan sebagai HTML Creator, pengguna cukup dengan menuliskan baris kode dengan menggunakan perintah dasar HTML yang kemudian disimpan dengan extension . keunggulan dari notepad adalah aplikasi editor text yang sangat ringan.

Notepad++

Aplikasi editor ini hampir sama dengan notepad karena keduanya merupakan text editor. Editor ini merupakan aplikasi editor yang memiliki lisensi gratis, dapat dengan mudah untuk di unduh dan bersifat open source. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat ringan dan memiliki fungsi yang sangat ringan. Tentu saja aplikasi editor ini dpilih sebagian orang untuk mempermudah pekerjaannya karena berbagai keunggulan yang dimilikinya seperti dukungan syntax, plugin maupun fungsi yang melimpah.



Sublime text

Aplikasi editor yang satu ini memiliki keunggulan yang hampir seimbang dengan notepad++, hanya saja yang membuat sublime lebih nyaman ketika digunakan adalah karena kemunculan pop up secara simultan. Hal tersebut tentu berbeda dengan notepad++ yang harus menekal ctrl+space terlebih dahulu. Soal tampilan pun dapat anda pilih sesuai selera anda, namun sublime unggul dalam hal kecepatan karena kenyamanan yang diberikannya tersebut.

Adobe dreamweaver

Tak diragukan lagi bahwa dreamweaver ini merupakan aplikasi editor yang sangat populer karena sangat mudah dan instan. Fitur yang disediakan pun sangat melimpah yang mendukung pembuatan halaman web dengan HTML. Namun sepertinya aplikasi ini kurang cocok untuk proses pembelajaran, namun lebih cocok digunakan jika anda telah memahami berbagai kode dibali semua tampilan tersebut. Dreamweaver ini cukup berat jika dibandingkan dengan aplikasi editor yang telah disebutkan diatas dan dreamweaver ini bukanlah aplikasi editor yang free.





Dari ke empat aplikasi edditor diatas, anda dapat memilih salah satunya dan apapun aplikasi editor yang digunakan itu bukanlah perbedaan yang menjadi masalah selama aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menulis dan menyimpann text dengan extensi .html





Article written by dianti rahayu

i am free

This Post Has 4 Comments

  1. Cindy Reply

    terus editor yang enak dipakai untuk pemula apa ka ? oh iya ditunggu Artikel selanjutnya, soalnya aku lagi belajar HTML dan belum ngerti soal html

    • dianti rahayu Reply

      semuanya cocok untuk pemula, tapi pada pembahasan selanjutnya saya akan menggunakan notepad++ 🙂

    • Bagas Reply

      Mungkin agan juga bisa belajar pemrograman bootstrap di penakngoding.blogspot.co.id
      Makasih ya

  2. Bagas Reply

    NIce gan.. sip
    terus bikin artikel kayak gini ya..

    Mungkin agan juga bisa belajar pemrograman blog ku karena bahas pemrograman juga

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: