Belajar HTML
HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML bagian 4 : Menjalankan file HTML

Belajar HTML

Sebawa.com – Jika anda sudah mengikuti postingan sebelumnya mengenai web browser dan text editor, maka kini saatnya untuk membuat project pertama dan menjalankannya.

Pastikan bahwa anda telah menginstal web browser dan editor text. Pada project pertma ini, author menggunakan Google Chrome sebagai browsernya dan Notepad++ sebagai editor text HTML.


Langkah pertama ketika membuat project pertama adalah dengan membuat satu folder file yang terlebih dahuu disimpan di direktori atau di drive E (hanya contoh). Folder  yang dibuat ini adalah folder yang akan dijadikan sebagai tempat dari semua halaman HTML yang akan dibuat dalam project ini.

Selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi text editor Notepad++ dan ketiklah text yang mampu memotivasi anda dalam mempelajari HTML, seperti :

Simpan dokumen tersebut dalam extensi .html, beri nama file d“project1”. Selanjutnya adalah membuka direktori E, klik kanan file tersebut dan open with Google Chrome.

Dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Project pertama yang sangat mudah kan ? tapi dalam project pertama itu belum mencantumkan kode HTML sedikitpun meski sudah dapat dijalankan pada browser.



Dapat anda lihat pada addres bar yaitu file:///E:/project1.html . E merujuk pada direktori yang anda gunakan untuk menyimpan file, dan project1.html merujuk pada nama file yang telah disimpan dan dijalankan pada web browser.

Kesimpulan dari project pertama adalah setiap halaman HTML harus diakhiri atau disimpan dengan extensi .html atau extensi .htm untuk versi lama.

Untuk projects terusannya, maka akan bersambung pada tutorial yang akan di posting selanjutya.




Article written by dianti rahayu

i am free

This Post Has 2 Comments

  1. muhammad taufiq Reply

    bisa membuat coding berjalan di html

  2. Bagas Reply

    NIce gan..
    terus bikin artikel kayak gini ya..

    agan juga bisa belajar di blog ku penakngoding
    Thanks artikel berkualitasnya

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: