Belajar HTML
HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML Bagian 5 : Tag, ELemen dan Atribut HTML

Belajar HTML

Sebawa.com – Pembahasan pada Belajar HTML bagian sebelumnya adalah menjalankan file HTML yang tanpa kode pada web browser telah berhasil dilakukan, maka pembahasan HTML dilanjutkan pada Tag, Elemen dan Atribut HTML. 3 hal tersebut merupakan dasar dalam mempelajari HTML dan hal itu menjadi dasar dari keseleurhan halaman web.


Berikut ini adalah penjelasan mengenai Tag, Elemen dan Atribut HTML :

Tag

HTML merupakan bahasa markah yang memerlukan cara dalam emberitahu browser mengenai fungsi text. Dalam HTML, Tag merupakan text yang ditulis sebagai paragraf, link atau list.

Tag yang terdapat dalam HTML, hampir semuanya ditulis dengan berpasangan yaitu terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Diantara tag pembuka dan tag penutup terdapat objek yang dikenai perintah. Objek yang dapat dikenai perintah tag tersebut dapat bberupa text, gambar atau video. Tag HTML ini ditulis dalam kurung siku “<” ”>”

Format dasar dari penulisan tag HTML ditulis seperti :

penjelasan :

<p> merupakan tag pembuka

</p> merupakan tag penutup

p yang terdapat dalam kurrung siku adalah tag yang digunakan untuk paragraf.

 

Atau anda dapat melihat contoh lainnya, seperti :

Seperti yang telah diberi tanda bahwa dalam kalimat tersebut terdapat 2 tag HTML yaitu tag p dan tag b

 

Note :

Diushakan untuk tidak lupa dalam memasangkan tag HTML, untuk menghindari error yang mungkin terjadi. Meski demikian tidak semua tag HTML harus ditulis dengan cara berpasangan. Dalam beberapa tag HTML berlaku pengecualian mengenai tag yang ditulis single atau tidak berpasangan.



Pengetahuan tambahan :

  • Tag yang ditulis tidak berpasangan dikenal dengan istilah void tag atau self closing tag seperti tag <br> atau break yang berarti pindah baris, tag <br> dapat ditulis juga dengan <br/>. Tag <hr> atau horizontal line untuk membuat garis horizontal.
  • Sifat dari bahasa HTML adalah tidak case sensitif atau berarti tidak ada perbedaan dalam penulisan. Contohnya seperti <p> akan sama saja dengan <P>.

Pada awal kemunculan HTML, programer web menggunakan huruf besar dalam keseluruhan tag HTML dan namun pada varian HTML, xHTML pun mewajibkan penggunaan huruf kecil untuk penulisan tag.

Dan pada HTML5, aturan penggunaan huruf besar atau huruf kecil pun tidak berlaku, namun programer lebih memilih menggunakan huruf kecil dalam seluruh tag karena kebiasan .

Element

Element dlam HTML merupakan isi dari tag atau perintah yang terdapat diantara tag pembuka dan tag penutup, termasuk tag itu sendiri dan atribut yang dimilikinya (jika ada). Perhatikan kode berikut ini :

Pada kode HTML diatas, maka merupakan elemnt p                                                                        

Element bukan hanya text, namun bisa saja tag lain, seperti contoh berikut :

Dari penggalan kalimat tersebut, hanya terdapat element p sedangkan em adalah sebuah tag yang membuat tulisan menjadi miring. Dalam hal ini, biasanya sering terjadi pertukaran antara tag dan element.

Atribut

Atribut dalam HTML dikenal sebagai informasi tambahan terhadap tag. Informasi tersebut dapat berupa intruksi penggunaan warna dari text, jenis huruf dan lainnya. Atribut dalam HTML memiliki pasangan nama dan value yan ditulis dengan name=”value”. Tanda kutip yang digunakan padda value, boleh berupa kutip dua (“) atau kutip satu (‘).

Contoh penggunaan atribut adalah sebagai berikut :

 

Dari contoh kode HTML diatas adalah yang digaris merah merupakan atribut. Sedangkan yang digaris biru muda adalah value dari atribut tersebut.

Yang perlu diketahui adalah tidak semua tag membutuhkan atribut. Meski begiitu, maka akan sering ditemui tag dengan atribut termasuk atribut class dan id yang sering digunakan dalam memanipulasi halaman web yang menggunakan JavaScript dan CSS.

Banyak atribut pada HTML yang hanya cocok dengan tag tertentu. Contohnya, atribut href hanya cocok digunakan untuk tag <a> dan beberapa tag lain.




Article written by dianti rahayu

i am free

This Post Has One Comment

  1. Bagas Reply

    Bagus nih..
    Mungkin juga bisa belajar pemrograman disini blog juga mba
    penakngoding.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: