Belajar HTML
HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML bagian 6 : Struktur Dasar HTML

Belajar HTML

Sebawa.com – Dalam bahasa apapun tentu saja memiliki struktur tersendiri dalam hal penulisan atau penggunaannya, begitu juga dalam HTML. Dan ketika sebuah kode HTML dibuat dan disimpan dalam extensi .html, maka secara otomatis membentuk sebuah halaman HTML. Dalam setiap halaman HTML, tentu memiliki struktur dasar yang terdiri atas DOCTYPE atau tag DTD, tag html, tahs head dan tag body. Dan tag tersebut merupakan struktur yang paling dasar dari sebuah halaman HTML, selain itu juga terdapat struktur lain dalam sebuah halaman HTML.

Dari gambar tersebut yang telah diberi tanda dengan garis yang berbeda warna, disana ditandakan bahwa terdapat beberapa tag. Garis warna biru, merupakan tag DOCTYPE atau DTD, garis warna hijau merupakan tag HTML, garis berwarna kuning merupakan tag head dan garis yang berwarna merah merupakan tag body. Berikut ini adalah penjelasan dari tag tersebut :

DOCTYPE 

Doctype atau dikenal dengan DTD merupakan kepanjangan dari Document Type Declaration, tag ini memiliki fungsi penting untuk browser. Dengan adanya tag tersebut, maka browser akan mengenali bahwa dokumen yang akan diproses merupakan HTML.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meskipun tidak mencantumkan DTD, maka browser pn akan tetap mengenali, menjalankan dan menampilkan halaman web yang sesuai dengan kode yang telah dibuat dan seolah tidak memiliki pengaruh apapun. Padahal, sebenarnya ketika menjalankan file HTML browser berada dalam mode khusus yang dikenal dengan quirk mode.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tag <html>

Adalah tag pembuka ddari seluruh halaman web dan semua kode HTML haruslah berada dalam tah HTML ini yang dimulai dengan <html> dan berakhir atau ditutup dengan </html>

Tag <head>

Tag head ini, umumnya memiliki isi dari berbagai definisi halaman yang tidak ditampilkan pada browser. Kode tersebut seperti kode Javascript, CSS atau kode lainnya.

Dan tag <title> yang terddapat dalam gambar sebelumnya, isi dari tag ini ditampilkan pada bagian paling atas pada web browser. Perhatikan gambar dibawah ini :

Isi dari tag <title> ditampilkan seperti gambar diatas yang diberi tanda persegi panjang bergaris merah.

Tag <body>

Dalam tag ini berisi semua elemen yang akan ditampilkan dalam halaman website. Contoh dari elemen- elemen tersebut berupa link, paragraf, tabel, gambar dan lainnya. Tag ini diawali dengan <body> dan diakhiri dengan </body>.

Yang tetap perlu diperhatikan dalam penulisan kode HTML adalah setiap tag yang ditulis haru berpasangan seperti pembuka dan penutup.

Dari contoh diatas, dapatdiperhatikan bahwa itu menunjukan struktur HTML yang sederhana. Dalam sebuah halaman HTML, tentu saja akan memiliki banyak baris, dari jumlah ratusan, ribuan atau lebih banyak lagi yang berisi dengan berbagai tag HTML.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Article written by dianti rahayu

i am free

This Post Has 4 Comments

  1. Haris Munandar Reply

    Html6 ini khusus wordpress atau bisa juga buat Blogger gan? Yang saya tau sekarang cuma soal html5 aja. Haha

    • Eriga S Al-Mansur Reply

      saya bantu jawab ya sebelum mba dianti sendiri selaku penulis artikel ini menjawab, html5 bisa digunakan di wordpress atau blogger, bahkan html5 juga bisa digunakan di CMS atau platform manapun, karena html merupakan sebuah bahasa inti dari semua jenis konten website

  2. Retno Nugraha Reply

    gan ane baru pemula nih belajar kaya ginian,, ada pembelajaran dari awalnya?

    • Eriga S Al-Mansur Reply

      saya bantu jawab ya sebelum mba dianti menjawab lebih detailnya
      ok untuk pembelajaran dari awal mas bisa klik kategori HTML,CSS dan BOOTSRAP untuk tutorial seputar html dari awal,

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: