Belajar HTML
HTML, CSS BOOTSRAP

Belajar HTML bagian 8 : Membuat Judul atau Heading

Sebawa.com –    Pembahasan mengenai HTML pada postingan kali ini adalah membahasa cara untuk membuat heading.

Seperti yang diketahui bahwa penulisan judul dalam HTML dikenal dengan istilah lain yaitu heading. Heading pun dirancang untuk terpisah dari paragraf.

Tag heading pun dipergunakan untuk judul paragraf atau bagian dari text yang merupakan judul yang harus nampak menonjol dari yang lainnya.

Dalam HTML pun, tag heading terdiri atas 6 tingkatan yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>. Dengan pemakaian tag heading, maka hasil yang ditampilkan oleh browser pun berupa huruf tebal. Adapun tampilan dari tag header pun bertingkat, dari mulai ukuran huruf terbesar yaitu pada <h1> hingga ukuran terkecil pada <h6>.

Untuk lebih jelasnya, lihatlah contoh berikut ini :

Maka, setelah itu akan ditampilkan browser seperti :

Untuk sekedar pengetahuan, biasanya dalam sebuah halaman web hanya akan terdapat 1 tag <h1> dan beberapa tag lainnya seperti tag <h2>, tag <h3> dan tag <p>.


Agar lebih jelas, maka perhatikan contoh struktur HTML yang sangat sederhana berikut yang menggunakan beberapa tag  :

berikut ini adalah hasil yang ditampilkan browser :

penggunaan heading pun memiliki nilai tambah untuk penekanan pada search engine seperti google. Penekanan akan semakin tinggi sesuai dengan tingkat heading. Contohnya adalah penggunaan tag <h1>  akan dianggap lebih baik dibading dengan tag <h2> atau tag <h3>. Tag <h1> pun pada umumnya digunakan untuk judul sebuah artikel atau konten website sehingga hal itu dianggap dapat mewakili keseluruhan artikel.

 

Baca juga : Belajar HTML bagian 7 : Membuat Paragraf di HTML




Article written by dianti rahayu

i am free

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: