java
Pemrograman Java

Belajar Struktur Dasar Pemrograman Java Class Abstract

Belajar Struktur Dasar Pemrograman Java

Sebawa.com – Sesuai dengan judulnya Belajar Struktur Pemrograman Java Class Abstract yang bisa diartikan dasar dari pemrograman java dan Abstract merupakan salah satu Struktur dari penulisan pemrograman java yang biasa diawali dengan dasar deklarasi class, Ada beramacam-macam class yang dimiliki java yang tidak dapat kita eksekusi langsung seperti Abstract, Interface, enum serta annotation. Kelas tersebut dipergunakan pada class default Java (Kelas yang dapat dieksekusi).


Catatan : Dalam Mempelajari struktur dasar source code dalam pemrograman java ini agar lebih cepat dipahami, diharapkan pembaca sudah mengerti mengenai konsep pemrograman dan algoritma pemrograman. Dan diharapkan juga telah memahami lingkungan area kerja IDE tertentu, contohnya adalah Eclipse yang akan saya gunakan dalam artikel ini dan artikel selanjutnya. Artikel akan dibahas secara bertahap dengan pembahasan tertentu.



Diartikel Belajar Struktur Pemrograman Java Class Abstract ini akan membahas mengenai pengalaman saya ketika mempelajari struktur pemrograman java class dan salah satunya class abstract yang merupakan suatu class yang menggunakan prinsip penurunan class dari super class ke sub class. Dengan begitu di class abstract ini bertindak sebgai super class itu sendiri dari class turunannya, class ini juga dibuat hanya untuk diberikan bentuk dari class yang turunannya. Dibawah ini ada contoh bentuk utama yang dapat mendeklarasikan dari suatu class abstract :


//Class Abstract

[Modifier] abstract class [nama_class]{

[Atribute/Variable]

[Method Abstract]

}

Tentu saja dalam penerapan class Abstract ini ada beberapa syarat yang harus terpenuhi :

  1. Class Abstract harus mempunyai method abstract tapi tetap boleh menggunakan tanpa menggunakan method yang tidak abstract
  2. Class Abstract tidak bisa membuat Object yang langsung, tapi harus melakukan penurunan atau extend ke class lainnya.
  3. Class yang menjadi turunan dari class abstract harus bisa menerapkan atau meng “Override semua methodnya(method abstract) dari class abstract.



Ditulisan saya tentang Tutorial Singkat Java Basic Class Abstract ini akan saya berikan contohnya, Berikut saya berikan beberapa contohnya :


//Class Abstract

//Belajar.java

public abstract class Belajar {

public int jamBelajar;

public abstract void belajar();

public String tempat;

}

//Class Turunan

public void setJam(int jam){

//JadwalBelajar.java

class RPL extends Belajar{

public void setKelas(String sekolah){

jamBelajar = jam;

}

tempat = sekolah;

}

+ " java di kelas "+tempat+" selama "

public void belajar() {

System.out.println("Kita belajar"

public void setJam(int jam){

+jamBelajar+" jam");

}

}

class SMK extends Belajar{

jamBelajar = jam;

}

public void belajar() {

public void setCabang(String cabang){

tempat = cabang;

}

System.out.println("Kita belajar"

public static void main(String[] args) {

+ " java di primagama cabang "

+tempat+" selama "+jamBelajar+" jam");

}

}

public class JadwalBelajar{

RPL rpl = new RPL();

rpl.belajar();

SMK smk = new SMK();

rpl.setJam(10);

smk.setJam(4);

rpl.setKelas("X RPL 3");

smk.setCabang("Majalengka");

smk.belajar();

}

}

source code diatas, kita memiliki sebuah Class yaitu Class belajar yang berperan sebagai class abstract dan pada class RPL dan juga SMK yang menggunakan Extends Class belajar, jadi class RPL dan juga SMK mendeklarasikan method belajar() dan juga menggunakan variabel jamBelajar, tempat dikarnakan kita mengetahui syarat dari sebuah sub class dari class abstract itu sendiri yaitu meng”Override”pada method abstract yang terdapat pada class abstract.




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: