domain
Tips dan Trick

Cara Mengubah Domain Blogspot Ke Prabayar

Sebawa.com – Sebelum kita beranjak ke tutorial ini, akan lebih baik jika kita mengetahui, apa itu domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.



Adakalanya kita merasa bosan dengan domain yang kita dapat saat membuat blog di blogspot. Tentunya anda juga ingin memiliki domain yang lebih dipercaya oleh pengguna dibanding domain bawaan blogspot.co.id atau blogspot.com.  Lalu bagaimana cara mengubahnya.?

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mengubah domain blogspot ke domain prabayar. Namun sebagai latihan saja, saya akan menggunakan domain yang gratis 1 tahun saja seperti domain .ga, .tkm, .ml dan sebagainya.

Apa Saja Yang Kita Perlukan Untuk Membuat domain sendiri ?

Berikut merupakan apa saja yang diperlukan :

  • Punya Akun/Blog.
  • Penyedia Domain.
  • Koneksi Internet.

Banyak sekali situs yang menyediakan domain yang bisa anda beli, namun pada artikel kali ini, saya memiliki menggunakan Freenom sebagai penyedia domain.


Langkah-Langkah Merubah Domain Blogspot Ke Prabayar

(Domain Sendiri)

Berikut merupakan langkah langkahnya :

  • Buka situs freenom
  • Daftar dengan google + atau facebook. Maka akan masuk ke halaman dashboard sebagai berikut :Domain Blogspot Ke Prabayar
  • Pilih Tab Service=> Register a new domainDomain Blogspot Ke Prabayar
  • Berhubung saya mempunyai blog hayukuliah.blogspot.com maka saya akan menggunakan hayukuliah pada kotak pencarian. Lalu klik check availability untuk mengetahui apakah masih tersedia atau tidak.
  • Setelah itu akan muncul tampilan seluruh domain yang bisa kita gunakan, dari mulai yang gratis sampai prabayar. Kali ini, saya akan menggunakan domain .ga saja. (Anda bisa bebas memilih) . Lalu pilih get it now.
  • Setelah itu, pilih checkout (Jika anda memilih .com atau .net maka akan dilakukan pembayaran terdahulu melewati ATM atau Paypal).
  • Pilih 12 bulan pada tabel period (Artinya dalam 1 tahun pertama domain .ga akan gratis dan jika ingin diperpanjang, otomatis anda harus melakukan perpanjangan dengan membayar harga yang telah ditentukan).
  • Setelah tahap pengaturan periode domain, anda akan menyelesaikan pemesanan domain. Tinggal klik => Complete Order
  • Yes, kita berhasil mendaftarkan domain kita sendiri, untuk selanjutnya adalah mengatur domain, klik Manager Domain
  • Setelah itu masuk ke manage freenom DNS untuk mensinkronkan dengan blog yang kita miliki.
  • Sekarang anda tinggal login ke blog anda, dan masuk ke alamat blog yang akan anda sinkronkan dengan domain yang telah dipesan di freenom. Pilih Settings=>Basic=> Menu Publishing lalu pilih Setup a 3rd party URL for your blog.

  • Setelah itu, kita masukan url pihak ketiga atau yang telah dipesan dari freenom tadi. Jangan lupa masukan alamat awal dengan www.namadomain. (Ingat, jangan  dulu klik save sebelum kita sinkronkan dengan freenom).

  • Pada menu Manager Domain, Kita masukan nama dan target sedangkan untuk typenya pilih CNAME. (Sesuaikan dengan yang tertera di blog).
  • Untuk menambahkan kolom, tinggal klik +More  Records  
  • Masukan www pada Tabel Name, lalu masukan targetnya dengan ghs.google.com, begitu juga selanjutnya. (Susai dengan blog, setiap akun blog memiliki name dan target yang berbeda beda).

  • Setelah mensinkronkannya, kita masukan IP adresnya dengan type A. Masukan IP addres secara berurutan (agar tidak bingung) : 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, dan 216.239.38.21.

  •  Setelah kita berhasil mensinkronkan dengan blog, kembali ke blog, dan pilih save. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan sebagai berikut. (ketika kita memasukan link bawaan blogspot, otomatis akan di redirects ke domain yang sudah kita pesan tadi).

Domain Blogspot Ke Prabayar

  • Taraaa… selamat anda berhasil mengubah alamat URL blog anda dengan domain prabayar.

 

Domain Blogspot Ke Prabayar




Article written by Athar Jatnika

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

This Post Has 10 Comments

  1. Muhammad Fajar Reply

    info bagus gan
    kalo misalkan domain tersebut kagak diperpanjang gimana ? apa blog di blogspot nya masih bisa di akses di alamat doamain sebelumnya (yang menggunakan domain blogspot) ?

  2. Jatnika Athar Reply

    Bisa diakses tapi tidak akan masuk ke halaman blog kita, sebelum kita ubah pengaturan redirect di blogspot nya.
    lihat gambar = https://image.prntscr.com/image/NuVq1MzSTmmDaVgFiJ4K2g.png

  3. Muhammad Fajar Reply

    domain .com .ga .tk dan domain yang lainnya bedanya apa sih ? terus pengaruh buat blognya apa nanti ? kan banyak nih yang pake .com, sorry gua banyak nanya gan soalnya ada tugas yang berhubungan sama domain dan blog
    emang banyak di internet jawaban nya cuma gua pengen diskusi langsung sama ahlinya atau seenggaknya yang udah pengalaman.
    thanks sebelumnya gan artikel nya bagus ditunggu artikel yang lainnya seputar dunia blogging atau yang lainnya apapun pasti gua baca

  4. Jatnika Athar Reply

    Setiap domain punya tingakatan tersendiri. Dan domain .com adalah tingkatan domain tinggi atau TLD. .com itu sendiri adalah singkatan dari Commersial/komersil dan baik untuk domain pribadi, perusahaan.
    untuk .ga memang sudah di dedikasikan domain khusus negara gabon. seperti halnya .id untuk indonesia, .kr untuk korea dsb.

    pada dasarnya domain merupakan identitas antar website. saya ambil kasus di Indonesia. ac.id untuk kampus, .sch.id untuk sekolah, .gov.id untuk goverment, dsb. fungsi lain dari domain adalah untuk kepercayaan masyarakat. Dimana ketika anda membuat website pribadi menggunakan .sch.id hal tersebut sudah menyalahi aturan dan mungkin perlunya verifikasi terdahulu sebelum anda menggunakan domain tersebut..

  5. Juanda Imran Reply

    Ane juga punya masalah sama nih, ketika domain .tk ane udah habis. Blog ane gak masuk masuk nih.. Sue kan :C

    • Jatnika Athar Reply

      hehehe, semoga ditabahkan,, anda bisa perpanjang domain anda, atau flashback ama domain blogspot yang gratis seumur hidup .. 😀

  6. Nopi Supriatna Reply

    Gan, ko muncul tulisan “Sorry, is an invalid domain name.” waktu di check availabilitty. Mohon bantuannya

    • Jatnika Athar Reply

      sudah jelas masalahnya, Domain yang anda masukan tidak valid atau tidak benar. Anda bisa memeriksa kembali apakah dalam domain ada terdapat karakter yang tidak diperbolehkan seperti halnya #,&,@ atau yang lainnya, anda bisa search saja di internet.

  7. Modes Mushroom Reply

    Konten dari website ini sangat berkualitas dan bisa membantu saya dalam belajar tentang web, jadi pasti akan cepat populer dan dikenal banyak orang, teruslah berkarya dan berbagi ilmu

    • Jatnika Athar Reply

      Thanks gan, jangan lupa subcribe yah, dapatkan artikel artikel berkualitas lainnya dan tentunya gratis tanpa dipungut biaya apapun kecuali kuota 😀

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: