Database

Cara Mudah Insert Data Dari Database Ke Database Lainnya

Sebawa.com – Setelah beberapa hari saya tidak posting tulisan-tulisan di website ini, kali ini bahasan saya tentang Tips Cara Mudah Insert Data Dari Database Ke Database Lainnya dengan MySql.┬áPembahasan ini mungkin lebih singkat dibanding tulisan-tulisan saya sebelumnya tapi saya pikir ini bukan masalah, karena mungkin saja dengan tips sederhana ini bisa membantu teman-teman yang akan memindahkan data dari database lama ke database yang baru, yang terpenting adalah esensinya, setuju ?

Bisa dibilang ini pengalaman saya sendiri ketika mengerjakan project dan ada data sekitar 23rb data dari database lama harus dipindah ke database yang baru, tentu jika harus dipindah secara manual (satu-satu) akan memakan waktu yang sangat lama.

Saat itu saya langsung di hosting ketika insert data dari database lama ke database baru tapi untuk latihan temen-temen bisa menggunakan xampp, awalnya saya kesulitan saat akan memindahkan data dari database lama ke database yang baru. yang ada dipikiran saya saat itu, datanya langsung saja di export dari database A ke database B, tapi saya tidak melakukan hal itu, karena saya yakin pasti ada cara lain yang lebih mudah. Seperti dibawah ini :

Insert Data Dengan Perintah Sql Sederhana




USE databaseLama ; --nama database yang akan di-insertkan data

INSERT INTO tabel_databaseLama --nama tabel dari database yang akan di-insertkan data
SELECT * FROM databaseBaru.tabel_databaseBaru; --spesifikasikan database dan tabel sumber data

Jika temen-temen hanya ingin memindahkan sebagian data kedalam kolom tertentu saja, mungkin bisa mencoba menggunakan cara yang pernah saya lakukan dibawah ini :


USE databaseLama;

INSERT INTO tabel_databaseLama (kolomdatabaseLama1, kolomdatabaseLama2, kolomdatabaseLama3)
SELECT kolomdatabaseBaru1, kolomdatabaseBaru2, kolomdatabaseBaru3 FROM databasedatabaseBaru.tabel_databaseBaru;

Cara diatas pernah saya coba untuk memindahkan beberapa kolom yang ada didatabase lama, jika tabel lama di database lama dengan tabel yang baru di database yang baru berbeda struktur misalnya type data dll, saya sarankan untuk di buat sama terlebih dahulu strukutur nya, kalo saya waktu itu merubah struktur nya yang database lama di sesuaikan dengan yang database baru. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan beri komentar dibawah.




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: