Cara Mudah Membuat Kaki Surat Dengan Microsoft Word
Aplikasi perkantoran

Cara Mudah Membuat Kaki Surat Dengan Microsoft Word

Sebawa.com – Kegiatan surat menyurat tampaknya kini masih menjadi salah satu bentuk komunikasi yang sangat penting terutama dengan cara yang formal. Cara pembuatannya pun kini sudah tidak lagi ditulis dengan menggunakan tangan atau malah diketik dengan menggunakan mesin ketik. Sekarang ini, orang lebih memanfaatkan Ms. Office Word sebagai media untuk membuat surat secara formal.

Selain lebih praktis dan cepat, membuat surat formal dengan menggunakan Ms. Office World juga dirasa jauh lebih mudah. Dari berbagai macam jenis surat formal mulai dari surat kuasa, surat pengunduran diri, surat lamaran dan lain sebagainya tentunya memiliki bagian-bagian surat yang terdiri dari kepala surat, isi dan penutup atau kaki surat.

Nah, dari beberapa bagian surat tersebut, biasanya tidak sedikit dari beberapa orang yang tidak bisa membuat kaki surat dengan menggunakan format dari Ms. Office Word yang satu ini. Memang, tidak ada salahnya jika Kamu ingin membuat kaki surat dengan cara yang manual. Namun, hal ini dirasa masih kurang efektif dan cepat.

Beberapa cara manual yang masih dilakukan oleh sebagian orang dalam membuat kaki surat adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan spasi
  • Membuat kotak textbox kemudian meletakan text di dalam tektbox
  • Membuat table yang terdiri dari 2 kolom, kemudian border di Nonekan atau diwarnai putih

Cara manual tersebut dirasa kurang efektif untuk membuat sebuah kaki surat yang baik dan benar dengan menggunakan Ms. Office Word. Berikut ini cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat kaki surat dengan menggunakan Ms. Word

  1. Buat dokumennya terlebih dahulu
  2. Buatlah tabs untuk kolom pertama dan kolom kedua dengan klik dan drag ke kiri ataupun ke kanan sampai mendapatkan posisi yang Kamu inginkan
  3. Kemudian, lakukan double klik pada di salah satu siku tabs
  4. Setelah itu, akan muncul tabs dialog. Pada tabs dialog pilih tabstop yang pertama. Masukan ukuran yang Anda inginkan misal 4,5 cm dan 12,5 cm, kemudian pilih align Center (cara ini optional) kemudian klik tombol set. Lakukan hal yang sama pada tabstop kedua lalu OK.
  5. Nah, untuk membuat judul tanda tangan dan nama, Kamu hanya tinggal pencet tombol Tab pada keyboard lalu ketik, kemudian pencet tombol Tab yang kedua kalinya maka kolom akan pindah kesebelahnya. Kamu hanya tinggal ketik kemudian tekan Enter.

Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat kaki surat dengan menggunakan Ms. Office Word? Selamat mencoba.




This Post Has One Comment

  1. Rafsablog.id Reply

    mas, itu gambarnya bikin sendiri atau download? kalo download, downloadnya dimana ya?

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: