cms open source
Uncategorized

CMS Open Source Populer untuk E- Commerce

Sebawa.com– CMS atau kepanjangan dari Content Management System merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengubah atau memanipulasi isi dari website. Pada umumnya, CMS terdiri atas 2 elemen yaitu CDA (Content Delivery Application) dan CMA (Content Management Application).

Elemen CMS


CMA

Elemen CMA berfungsi untuk mengijinkan manager untuk melakukan managerial, modiikasi, pembuatan ataupun penghapusan isi dari sebuah website tanpa memerlukan pengetahuan, pemahaman bahkan keahlian yang dimiliki seorang webmaster.

  • CDA

Sedangkan elemen CDA merupakan elemen yang berfungsi untuk menggunakan dan menhimpun berbagai informasi yang sebelumnya dilakukan perubahan oleh webmaster untuk melakukan update website yang bersangkutan.

Fungsi CMS

Beragam platform CMS dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan dari sekian banyak CMS pun memiliki kemampuan yang berbeda- beda. CMS pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepeluan seperti website bisnis, organisasi, e- commerce, blog dan lain- lain.

CMS Open Source

Ketika akan menggunakan CMS, tentu anda dapat menggunakan CMS versi open source yang bebas untuk anda gunakan dan bebas untuk di modifikasi. Berikut ini adalah beberapa CMS open source populer  yang dapat anda pilih untuk anda gunakan :

  • WordPress

WordPress pun merupakan salah satu platform open source yang dapat digunakan untuk pembuatan toko online dengan dilengkapi plugin khusus toko online yaitu WooCommerce. Karena bersifat open source, maka pengguna sapat mengkustomisasinya sesuai dengan kebutuhan toko online.

  • Magento

Magento merupakan salah satu platform e commerce yang memiliki perkembangan yang paling cepat. Magento pun hadir dengan 2 pilihan untuk dapat digunakan dengan sifat open source yaitu enterprise edition dan community edition.

Enterprise edition merupakan paket yang sangat lengkap, canggih dan mampu unntuk meningkatkan penjualan.  Didukung dengan berbagai fitur seperti store credit, clubs, memeber only sales, multi store (wholesale dan retail), gift card (fisik dan virtual), serta dukungan penuh waktu.

Sedangkan enterprise comunity, selain bersifat open source juga bersifat ,gratis dan banyak dimanfaatkan oleh banyak web developer dengan keahlian tinggi tanpa support, garansi dan konpensasi.

Pretashop

Pretashop ini telah diluncurkan sejak tahun 2007 yang dilengkapi dengan teknologi smarthy template engine dan back- end menggunakan Ajax. Keunggulan dari pretashop berupa fiturnya yang begitu atraktif, sehingga untuk memiliki toko online yang menarik dan indah pun bukan hal yang mustahil lagi.

  • Digistore

Digistore merupakan CMS yang berbasis osCommerce yang akan membuat toko online anda sangat mudah dikenali oleh pengguna osCommerce. Dengan tampilan full CMS maka membuat Digistore akan sangat mudah dan cepat untuk diinstal, meski user tidak memiliki kemampuan khusus seperti programing. Anda juga sangat mungkin untuk membuat tampilan yang menawan seperti pengubahan warna, lebar, layout maupun template dan menjalankan iklan untuk promosi produk yang anda jual di toko online anda. Tersedia banyak template untuk digunakan, namun jika ingin memiliki template yang lebih bagus, maka anda bisa memilih dan memilikinya dengan sedikit biaya tambahan.

Itulah CMS open source yang populer dan user friendly, untuk memiliki toko online yang indah, menawan dan dilengkapi dukungan lainnya yang tanpa ribet, maka anda dapat memilih salah satunya untuk dukungan bisnis online anda.

baca juga : Membuat Toko Online ? Perhatikan 10 Hal ini ! Bagian 1

lanjutkan membaca ke : Membuat Toko Online ? Perhatikan 10 Hal ini ! Bagian 2




Article written by dianti rahayu

i am free

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: