E-Learning dan Edukasi

E-Learning dan M-Learning, Mana yang lebih baik ?

Sebawa.com – Era sekarang dunia pendidikan sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam pendidikan agar menjadi lebih efisien dan mudah agar ruang kelas tidak dibatasi oleh berbagai macam dinding. Dari latar belakang kebutuhan tersebut pembelajaran jarak jauh muncul. Dan dengan perkembangan teknologi, pelajaran tidak hanya di sampaikan di sebuah ruangan kelas tetapi dapat menjangkau peserta didik yang jauh sekalipun hanya dengan menggunakan komputer yang mereka gunakan. Perangkat pembelajaran E-Learning pun berkembang, dan mulai di beberapa instansi pendidikan menggunakan terobosan ini, dan sekarang, peserta didik tidak lagi terikat dengan kelas (karena belajar jarak jauh), berbagai macam materi pembelajaran dikirim ke sebuah perangkat genggam dan peserta didik pun bisa mempelajari semua materi pelajaran  walaupun saat dalam perjalanan.


E-learning vs M-learning

Definisi E-Learning dan M-Learning

Jika kita perhatikan E-Learning dan M-Learning sama-sama ada sebuah kata “Learning” jadi apakah keduanya sama ? disini saya akan membahasnya, dari keduanya ada yang membedakan yaitu jika huruf “e” dari eLearning yang berarti “elektronik”.Jadi eLearning merupakan segala bentuk pembelajaran yang disampaikan dengan menggunakan perangkat elektronik sepeti komputer melalui jaringan internet untuk mengaksesnya. Tetapi, pembelajarannya tidak harus menggunakan internet bisa juga dengan alternatif lain seperti Intranet atau Extranet.

Untuk M-learning ada sebuah huruf “m” dari mLearning yang berarti ada “mobile”. Jadi mLearning merupakan segala bentuk pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan perangkat genggam dan perangkat portable lainnya.

Jadi apa kesamaan dari keduanya ? M-Learning  merupakan bagian dari E-Learning karena keduanya mengandalkan komunikasi digital untuk bisa mengikuti pengajaran kepada peserta didik.

Perbedaan E-Learning dan M-Learning (Tujuannya)

Misalnya ada pertanyaan, mana yang paling berguna ? E-Learning atau M-Learning ?

E-Learning digunakan ketika kamu harus memberikan materi pelajaran dengan keterampilan tertentu atau memberikan pengetahuan mendalam tentang subjek kepada peserta didik. M-Learning (Mobile Learning) dapat mendukung pembelajaran ketika proses pembelajaran yang sedang berlangsung dimana kamu sebagai pengajar membutuhkan akses yang cepat tanpa harus menyalakan komputer(karena tidak memungkinkan) ketika kamu dalam sebuah kepentingan namun harus memberika materi pembelajaran.

Jadi jika kamu sebagai seorang pengajar harus memberikan materi yang detail seperti materi tentang bagaimana cara mengoperasikan sebuah mesin, memasang kabel jaringan, sebuah materi pembelajaran yang sifatnya khusus, materi yang memiliki tengat waktu dan sifatnya formal, maka kamu bisa menggunakan E-Learning. E-Learning itu terstruktur, formal dan terikat waktu.

Tetapi, jika kamu ingin peserta didik kamu selalu belajar dan memiliki daftar tugas selama mereka bermain atau dalam perjalanan yang tidak memungkinkan membawa komputer, maka kamu bisa menggunakan M-Learning yang bisa mereka bawa di kantong celana mereka atau kamu bisa mengirimkan materi pembelajaran disaat membutuhkannya.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa E-Learning maupun M-Learning tidak saling bersaing atau saling tergantikan. Keduanya bisa digunakan dalam  program pembelajaran secara bersamaan yang dimana M-Learning akan melengkapi E-Learning, E-Learning dan juga M-Learning berbeda tetapi sejenis.






Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: