Endless OS
Sistem Operasi

Endless Os, Sistem Operasi Tanpa Batas yang Kini Melejit

Endless OS

Sebawa.com – Dewasa ini, masih bisa diamati bahwa banyak orang di dunia ini yang belum menikmati PC dan mengakses internet ke computer pribadinya dengan lebih terjangkau. Mereka lebih memilih menggunakan OS dengan tarif berbayar karena menawarkan fitur yang lengkap. Namun kini, telah hadir OS yang memberikan fasilitas untuk mereka yang belum bisa mengakses computer pribadi ataupun dengan koneksi internet yang terbatas.

Adalah Endless OS yang merupakan inisiatif untuk memberikan akses computer dalam memberikan akses computer bagi semua orang baik itu pria, wanita bahkan anak-anak. Endless OS yaitu system operasi gratis yang sudah dirancang khusus untuk bekerja dalam keadaan data internet terbatas atau mahal yang baisanya terdapat di Negara berkembang.

System yang sengaja di bangun untuk memberikan informasi yang berguna karena berisikan konten pendidikan tanpa harus menggunakan koneksi internet. Dengan adanya Endless OS ini maka pengguna tidak lagi bergantung pada koneksi internet untuk menikmati situs dan konten yang bermanfaat. Untuk itu pengembangan aplikasi perangkat lunak untuk bisa terinstal Endless OS harus sudah mengedepankan teknologi dan sudah di lakukan pembaharuan perangkat lunak.


Apabila anda ingin menginstal Endless OS pada computer pribadi anda, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  • Cara pertama sangatlah mudah yaitu download aplikasi Endless OS pada endless.com
  • Setelah proses download selesai, anda akan di berikan link untuk mengunduh installer Endless OS. Setelah installer terunduh, anda bisa mencarinya pada folder explore anda. Aplikasi installer yang satu ini mirip dengan installer pada umumnya, misalnya Google Chrome karena installer yang satu ini memilki format Exe.
  • Ketika installer sedang di jalankan, maka anda akan di berikan 2 metode, apakah ingin menginstal langsung pada perangkat computer, notebook atau membuat installer pada USB drive.

Pada artikel ini, akan memberikan metode dengan menginstal dengan menggunakan notebook. Metode ini akan membuat perangkat anda mempunyai dual boot, misalnya OS yang sebelumnya adalah windows 7.



  • Untuk versi basic, Endless OS memiliki ukuran kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu sekitar 1,6 GB. Sementara untuk versi penuh dengan berbagai aplikasi yang lengkap, ukuran installer bisa mencapai 13,9GB. Sebagai contoh, anda bisa mengubahnya dengan versi basic.
  • Setelah memilih kapasitas OS yang diinginkan, selanjutnya anda bisa meng klik bagian next. Kemudian OS akan terunduh ke perangkat notebook anda.

Terdapat 2 proses yang di lakukan pada proses pengunduhan yaitu melakukan verifikasi dan kemudian menginstalnya. Tunggu hingga proses selesai, maka Endless OS akan terinstal.

  • Setelah proses download dan instalasi selesai, anda bisa merestart notebook anda yang nantinya akan muncul pilihan OS yang akan di jalankan pada saat booting. Selanjutnya, anda bisa memilih Endless OS yang akan siap digunakan.
  • Di pengaturan awal anda bisa memilih bahasa, mengatur jam juga membuat user dan password yang nantinya akan di gunakan saat login ke notebook anda. Pada bagian ini sama halnya pada menu administrator di windows.

 

Tampilan Endless OS terlihat sangat friendly, karena mirip dengan tampilan windows dengan Mac OS. Jika anda sudah berpengalaman menggunakan OS Linux, maka Endless OS akan lebih mudah digunakan karena OS ini memilki tampilan menyerupai Android/Ios dengan tampilan icon pada setiap foldernya. Terlebih Endless OS bertujuan untuk kalangan orang awam yang membutuhkan OS gratis tanpa harus rumit dalam penggunaanya.




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

This Post Has 3 Comments

  1. suryaputra adipradana Reply

    mau nyoba nih, tapi aplikasi windows bisa dijalankan di endelss OS ga ya ?

    • Eriga S Al-Mansur Reply

      Paling menggunakan aplikasi alternatif yang disediakan Endless OS,

  2. klinikgracia Reply

    nice info, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: