Lawan Cyber Bullying Karena Diam Bukan Pilihan
Opini

Lawan Cyber Bullying ! Karena Diam Bukan Pilihan

Sebawa.com – Perkembangan dunia teknologi beberapa tahun terakhir memang memberikan berbagai macam dampak bagi kehidupan manusia. Tak hanya mampu memberikan dampak positif yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia saja. Tak lupa pula dampak negative dari perkembangan teknologi yang kini juga banyak mempengaruhi serta mengubah tatanan kehidupan masyarakat.

Internet, menjadi salah satu akses komunikasi yang kini banyak dimanfaatkan oleh manusia. Karena banyak dimanfaatkan  sebagai sarana komunikasi yang mudah untuk dijangkau, hal ini yang menyebabkan munculkan berbagai macam media social yang digunakan dengan sangat mudah.

Namun, terlepas dari segala macam dampak positif yang didapatkan dari media social. Kini, hadirnya medsos rupanya sudah beralih fungsi sebagai media yang membawa banyak dampak negative. Salah satunya yaitu kasus Cyber Bullying yang kini tengah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat karena beberapa kasus yang ditimbulkan oleh Cyber Bullying.

Mungkin sebagian besar dari Anda belum paham betul dengan apa yang dimaksud Cyber Bullying. Nah, Cyber Bullying atau intimidasi dunia maya itu sendiri merupakan berbagai bentuk kekerasan yang dialami oleh anak ataupun remaja yang dilakukan oleh teman sesuai mereka melalui internet atau dunia maya.

Bentuk dari intimidasi yang satu ini sangatlah beragam. Mulai dari pesan ancaman melalui surel, mempermalukan korban, mengunggah foto mengolok-olok korban, sengaja membuat situs web hanya untuk menyebar fitnah, sampai mengakses akun jejaring social milik orang lain untuk membuat masalah dan mengancam korban.


Anehnya, motivasi dari pelaku pun sangatlah beragam. Mulai dari rasa kesal kepada korban dan ingin balas dendam, frustasi, ingin mencari perhatian dan bahkan ada pula yang menjadikannya sebagai pengisi waktu luang saja agar mereka merasa puas telah mengintimidasi, mengejek, menghina dan mempermalukan korban.

Baca Juga : Tips Mengatasi Cyber Bullying

Satu hal yang cukup menjadi sorotan, biasanya korban dari kasus Cyber Bullying ini sendiri tidak dapat melakukan apa-apa dan bahkan terlihat lemah. Kebanyakan dari mereka, justru memilih untuk diam dan tidak berani melawan.

Namun, Diam Bukan Pilihan untuk menyelesaikan masalah yang seperti ini. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh korban untuk melawan Cyber Bullying yang sedang dia alami. Salah satunya dengan melapor ke LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban)

LPSK itu sendiri merupakan sebuah lembaga mandiri yang didirikan dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan serta bantuan pada Saksi dan Korban berdasar tugas serta kewenangan yang diatur oleh Undang-Undang. Berdasarkan pengertian tersebut membuat LPSK memiliki peran yang sangat penting untuk membantu para korban bullying agar bisa lebih terlindungi.

Ada beberapa kasus dari Cyber Bullying pada tahun 2017 ini yang sempat menjadi viral di internet beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga : Cara Menggunakan Media Sosial Yang Benar

  1. Mahasiswi bandung yang dianiaya oleh temannya sendiri

Diambil dari Detik.com yang diberitakan pada 29 Januari 2017 dimana ada seorang Mahasiswi dari Bandung yang dianiaya oleh temannya sendiri karena saling membully di medsos. Hal ini berawal dari korban yang pertama kali membully pelaku di media social, merasa tidak terima dengan perilaku yang dilakukan oleh korban, membuat pelaku tega menganiaya temannya sendiri dengan cara memukul hingga menyundutkan rokok di tubuh korban.

  1. Kasus Riky Firdaus Wijaksana (Uus)

Diambil dari TribunSolo.com yang diberitakan pada 23 januari 2017 dan mengungkit tentang kasus yang dilakukan oleh comedian Uus kepada Ulama habib Rizieq Shihab. Kasus yang satu ini dimulai ketika Uus mengunggah foto sebuah spanduk tentang ulama yang satu ini. kemudian Uus pun menuliskan caption “Shampo untuk Rizieq. Viralkan! Bantu Rizieq beli shampo!” sontak unggahannya menjadi viral dikalangan netizen dan membuatnya banyak dibanjiri komentar negative dari para netien.

Masih ada banyak daftar Cyber Bullying yang terjadi di pertengahan tahun 2017 ini. tentunya, untuk menyikapi masalah tersebut, Diam Bukan Pilihan yang tepat untuk menghadapi masalah yang kini tengah menjadi trend dikalangan masyarakat.




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: