Sistem Operasi

5 Macam Distro Linux Terbaik dan banyak digunakan versi sebawa

10 Distro linux terbaik

Sebawa.com – Sebelum masuk ke daftar lima Distro linux terbaik, pertama saya akan menerangkan terlebih dahulu pengertian dan sejarah dari linux itu sendiri, check this out.

UNIX, adalah sebuah sistem komputer yang salah satunya adalah linux.Linux adalah sebuah sistem operasi komputer ataupun dekstop, sama halnya dengan windows ataupun mac os. Linux  pertama kali dikenalkan pada tahun 1991 oleh pembuatnya Linus Torvalds dan nama Linux sendiri di ambil dari nama pembuatnya. Linux memiliki keunikan sendiri yaitu karakternya yang sudah tahan terhadap virus dan bersifat open source. Open source artinya semua orang tanpa terkecuali bebas untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikannya.


Nah, sekarang kalian sudah tahukan sejarah singkat linux itu sendiri, sekarang kita masuk ke pembahasan lima distro linux terbaik. silahkan simak baik baik ya.

5 Distro linux terbaik tahun 2017 versi Sebawa.com

MINT

Pertama adalah Linux Mint. Menurut situs distrowatch.com, Mint adalah distro linux yang paling banyak digunakan saat ini.

Linux Mint adalah distro linux yang berbasis debian dan ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Ubuntu adalah inti dari Linux mint, sehingga semua aplikasi yang berjalan pada ubuntu dapat berjalan juga pada linux mint, tapi walaupun demikian, tampilan linux mint jauh berbeda dengan ubuntu.

Linux Mint Mempunyai tampilan yang elegan namun tetap mudah untuk digunakan. Linux Mint mempunyai kelebihan dari banyaknya macam aplikasi bawaan nya seperti Browser Plugin, Media codec, DVD playback, java dan komponen lainnya.

Instalasi paket aplikasi linux Mint berbasis web, dan fitur linux mint yang kompatibel dengan software repository milik ubuntu membuatnya menjadi salah satu distro linux yang populer.

UBUNTU

Kedua yaitu Linux Ubuntu, UBUNTU Merupakan salah satu distribusi linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”.

Ubuntu populer karena kemudahan instalasi dan penggunaanya, tampilannya juga tidak jauh berbeda dengan windows, serta dengan banykanya aplikasi pendukung untuk ubuntu itu sendiri membuat ubuntu menjadi siitem operasi linux terbaik yang banyak diminati oleh semua orang yang mulai tertarik dengan linux.

Ubuntu Memiliki memiliki banyak  varian, dan diantara varian ubuntu yang terkenal adalah sebagai berikut :

  • Kubuntu, adalah ubuntu yang memakai KDE Plasma Workspace, Kubuntu Membutuhkan sumber daya Hardware yang lebih Banyak dibandingkan Ubuntu.
  • Xubuntu, adalah ubuntu yang memakai Xfce Dekstop Environtment yang membuatnya membutuhkan lebih sedikit sumber daya hardware.
  • Lubuntu, yaitu ubuntu yang memaki LXDE Dekstop Environtment, merupakan distro ubuntu yang membutuhkan suber daya hardware paling sedikit.
  • Edubuntu, adalah salah satu proyek gabungan ubuntu dan GNOME yang diciptakan untuk sekolah dan pengguna rumah.
  • Ubuntu GNOME, merupakan ubuntu yang memakai GNOME 3 sebagai dekstop environtment standar.

 

DEBIAN

Ketiga adalah Linux Debian. Debian adalah Distro linux yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU (General Publik License) dan Lisensi perangkat lunak lainnya. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket (Software recompiled yang terkumpul dalam format yang baik untuk memudahkan anda dalam melakukan instalasi) dan gratis untuk digunakan.

Debian merupkan distro linux yang terkenal akan kesetabilan dan keamanannya, dengan memperhitungkan distro linux yang lain seperti Ubuntu, Mint, Manjaro dan open Suse, Debian merupakan salah satu distro linux terbaik di dunia.

Manjaro

Keempat adalah Manjaro. Manjaro adalah distro linux yang didasarkan pada arc linux,Linux manjaro memakai dekstop environment Xfce dengan tampilan Rilis bergulir, serta menggunakan pengaturan paket yang bernama Pacman.

Linux Manjaro adalah distro Linux yang cepat dan user Friendly. Fitur utama dari Manjaro adalah proses instalasinya yang cepat, deteksi hardware yang otomatis, model rolling-release yang setabil, kemampuan untuk menginstall beberapa kernel, script bash untuk mengelola driver gravis, dan konfigurasi dekstop yang mudah.

Antergos

Terakhir adalah linux Antergos, Antegros adalah distro linux yang berjalan pada Arc Linux, Menggunakan Dekstop Environtment GNOME 3 untuk standarnya, tapi bisa juga menggunakan dekstop environtment Cinnamon, MATE, KDE plasma 5 dan Xfce. Antegros pertama dirilis pada bulan juli 2012, Antegros berarti “nenek moyang”, Antegros di pilih “untuk menghubungkan masa lalu dan masa kini”. Antegros Mempunyai Slogan “ Your Linux. Always Fresh. never Frozen” yang menunjukan Linux Antergos mempunyai kemampuan yang cepat dan stabilitas tinggi.

Itulah  Lima daftar Distro Linux terbaik yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini, semoga bisa menjadi sumber ilmu dan bermanfaat bagi semua yang membaca, terimakasih sudah bekunjung dan membaca.
 






Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: