Opini

Memanfaatkan Teknologi, Harus Efisien atau Ideal ?

Sebawa.com – Hampir semua sektor dalam kehidupan manusia menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk membuat hidupnya semakin instan dan mudah. Efek yang tampak dari penggunaan teknologi pun kian beragam, baik itu efek positif yang ikut membangun perekenomian, taraf hidup atau cara pikir yang semakin modern dan berbagai efek lainnya. Atau efek negatif yang dirasa meresahkan seperti bully di media sosial, cyber crime dan kasus negatif lainnya.

Lantas, di era sekarang yang serba teknologi bagaimanakah cara untuk memanfaatkan teknologi ? apakah harus efisien atau ideal ??

Kasus :

Pada beberapa saat yang lalu, saya cukup tertatik dengan cerita rekan saya. Dia adalah seorang mahasiswa teknik informatika yang berbincang dengan beberapa rekan lainnya dan beberapa dosen dengan bahasan utamanya yaitu website.

Inti dari perbincangan website tersebut adalah efisien dan ideal, mana yang harus dipilih ?

Efisien

Pendapat tentang menggunakan teknologi yang efisien dipilih untuk dalam pembuatan website dengan platform yang sudah tersedia. Dengan alasan bahwa ini sebagai langkah awal dan langkah kecil untuk mulai memiliki website yang ideal.

Sederhanya, perusahaan yang menyediakan platform website memiliki tujuan yang baik untuk membuat penggunanya mudah dalam membuat website tanpa harus memiliki kehalian khusus atau keahlian yang terbilang expert.


Jadi, ketika sesorang memiliki ide yang harus dituangkan dalam bentuk website maka akan sangat terbantu dengan teknologi penyedia platform website sebelum ide yang dimiliki didahului orang lain.

Adapun membuat website sendiri tanpa menggunakan platform website miliki orang lain, maka dalam merancang website pun menggunakan bahasa pemograman php dan untuk mendapatkan tampilan yang cantik maka harus diperindah dengan merancangnya dalam bahasa HTML atau menggunakan CSS. Dan hal itu berarti, tetap saja menggunakan teknologi orang lain atau tidak orisinil, hehehe

Ideal

Jika berpikir ideal, maka sebagai seorang mahasiswa IT yang mempelajari mengenai website, maka akab lebih baik jika membuatnya sendiri dari awal dari mulai perancangan, pembuatan hingga peluncuran. Namun untuk melakukan hal itu dibutuhkan waktu yang relatif lama hingga hal ini sangat beresiko dan sangat mungkin bahwa ide yang dimiliki akan didahului orang lain.

Lebih ideal lagi, sebagai pelaku atau pelajar dibidang IT, kenapa tidak membuat bahasa pemograman sendiri untuk membuat website ? bukankan itu lebih bagus dan lebih orisinil ?. Tentu saja itu akan memakan banyak waktu untuk melakukan riset, hingga implementasi. Namun, jika sampai hal itu terjadi, maka akan timbul sensasi yang berbeda dan lebih puas akan karya yang telah dibuat.

Kesimpulan

Dalam memanfaatkan teknologi, tentu saja kita harus menyesuaikan dengan aspek kebutuhan, dibalik pemanfaatan teknologi itu sendiri yang harus efisien atau ideal. Hanya saja, yang perlu diingat adalah jangan sampai terlena dengan sesuatu yang besar tanpa melakukan hal yang kecil dan semoga kita dapat memanfaatkan teknologi dengan cerdas.




Article written by dianti rahayu

i am free

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: