Opini

Tips Mencegah Dan Mengatasi Cyber Bullying

Mengatasi Cyber Bullying

Sebawa.com – Internet memiliki peranan penting terhadap perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tidak diragukan lagi bahwa internet memberikan dampak yang positif namun tak perlu ditutupi lagi bahwa internet kerap mendatangkan berbagai hal negatif terhadap manusia itu sendiri.

Banyak hal yang terjadi dengan adanya internet, termasuk sosial media yang kian dipakai untuk berbagai hal hingga merugikan salah satu pihak. Salah satu kasus akibat kemajuan teknologi yang harus diperhatikan adalah cyber bullying. Kasus tersebut sudah memakan banyak sekali korban, perlakuan merugikan tersebut salah satunya dapat timbul karena ketidak tahuan atau ketidak pedulian mengenai etika menggunakan media teknologi.


Lantas apakah itu cyber bullying ? anda pasti sangat familiar dengan julukan kasus tersebut. Ringkasnya, cyberbullying merupakan segala bentuk kekerasan yang dilakukan dengan menggunakan media cyber atau internet. Perilaku cyber bullying dapat berupa ejekan, penghinaan, intimidasi atau ancaman yang terjadi melalui  media digital, media internet atau media telepon seluler.

Kasus cyber bullying tersebut timbul karena banyaknya manusia yang menggunakan kemajuan teknologi untuk melakukan interarksi sosial dan hal ini dibuktikan dengan peringkat Indonesia yang memasuki 10 besar dalam penggunaan internet di dunia. Jumlah pengguna internet yang banyak pun dengan berbagai kondisi emosi yang berbeda mengakibatkan beberapa gesekan sosial.

Cyber bullying dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi korban termasuk dalam hal kesehatan mental. Korban bully tentu akan mengalami stress, gelisah, susah tidur, menutup diri, ketakutan dan lainnya akibat dari apa yang ia alami dari bully.



Lantas, bagaimana jika orang disekitar anda atau anda sendiri yang terlanjur mengalami bully ? dan bagaimanakah tips untuk mencegah diri untuk tidak menjadi korban bully ?

Bagi anda yang yang sudah menjadi korban bully, ini bukanlah akhir dari segala atau hancurnya hidup anda. Cobalah untuk membuat diri merasa tenang dari berbagai ancaman yang terjadi dengan cara :

  • jangan merespon pelaku jika menghubungi anda
  • menjauhkan diri dari perangkat atau media yang membuat anda merasakan efek bully tersebut
  • meski anda merasa tertekan, maka samptai anda menghilangkan atau menghapus bukti
  • berbicara dengan orang tua apa yang sedang anda alami saat ini
  • istirahatkan tubuh dan pikiran anda
  • bawa diri anda untuk tetap merasa sibuk hingga anda lupa dengan peristiwa pahit yang sedang dialami
  • laporkan pada pihak server internet atau pada pihak berwajib

Dan jika anda tidak ingin menjadi korban  bullying, maka anda harus menerapkan strategi :

  • tidak asal posting dan share di sosial media terutama yang bersifat aneh
  • cerdas memilih teman di sosial media
  • tidak asal bercerita mengenai kehidupan pribadi di sosial media
  • tidak posting terlalu banyak

Kejahatan atau perilaku yang dapat merugikan diri sendiri tidak semata- mata terjadi tanpa adanya sebab, maka bijaklah dalam bertindak dan mengambil keputusan sosial. Jangan berikan celah untuk pelaku dalam memulai kejahatannya.





Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: