Robot Bertenaga 1000 Kali Lipat
News

Peneliti Kembangkan Robot Bertenaga 1000 Kali Lipat

Sebawa.com – Robot merupakan salah satu bentuk teknologi ciptaan manusia yang kini terus berkembang kecanggihannya. Berbagai macam inovasi robot pun kini mulai berkembang seiring dengan banyaknya kebutuhan manusia yang harus dipenuhi.

Karena alasan tersebutlah yang membuat sekelompok peneliti dari Columbia Engineering memiliki ide untuk membuat sebuah otot lunak sintetis bagi robot. Otot lunak sintetis ini diklaim memiliki berat tiga kali lebih besar dari berat tissue dan mampu mengangkat beban 1.000 kali lipat dari berat badan mereka sendiri.

Otot lunak sintetis yang dicetak secara 3D ini rupanya mengandung karet silicon serta ethanol yang ada dan tersebar di dalam skala mikro struktur otot. Tak hanya itu, otot lunak sintetis juga memiliki kepadatan renggangan  sebesar 15 kali (dalam gram) daripada otot alami.

Dilansir dari Digital Trends, Jumat (22/9/2017) untuk menggerakkannya tidak memerlukan pompa converter bertekanan tinggi ataupun alat pengatur tekanan. Otot lunak sintetis ini hanya membutuhkan listrik tegangan rendah untuk bisa mendidihkan ethanol serta mendorong material yang ada di dalamnya untuk bisa berkembang.

Biaya Pembuatan Sangat Ramah

Menurut salah satu peneliti dari Columbia Engineering menuturkan bahwa, “Pergerakan yang dipicu oleh listrik bertegangan rendah, ditambah biaya pembuatan yang sangat ramah kantong, dapat merevolusi bagaimana sebuah robot dikembangkan.”

Ia juga menambahkan, “Hal ini juga dapat mendorong pengembangan robot berbiaya rendah, lebih alami bagi robot berkomponen lunak maupun keras. Selain itu juga otot lunak bisa bermanfaat untuk sektor kesehatan, manajemen bencana, dan perawatan lansia.”


Robot canggih yang hanya mengeluarkan biaya pembuatan sebesar tiga sen per gram ini rupanya bukan  menjadi otot buatan lunak yang pertama diciptakan. Menurut laporan dari Digital Trends, sebelumnya ada tim peneliti dari Swiss yang mengembangkan otot lunak sintesis pada vakum dan dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam fungsi.

Kecanggihan teknologi yang ada saat ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Hal ini tentunya selaras dengan perkembangan dunia manusia yang menuju ke arah modernisasi. Tak khayal, jika sekarang ini banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan mudah.




Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: