Trend Teknologi
E-Learning dan Edukasi

Trend Teknologi Menurut Alvin Toffler Bagian 1

Sebawa – Manusia begitu dimanjakan dengan berbagai penemuan yang dinamakan teknologi, kemudahan mendapatkan informasi, mengolah suatu data, mengendalikan suatu hal pun menjadi sangat mungkin dan sangat mudah untuk dilakukan.

Kemajuan jaman yang seolah berlari kencang pun semakin terarah pada hal yang pasti yang berbau teknologi. Berbagai penemuan dari hasil penelitian setiap saat diabadikan dalam sebuah karya yang semakin baik atau bahkan sempurna untuk menggantikan suatu fungsi. Karena inilah yang menyebabkan trend teknologi terus berubah.

Alvin Toffler

Menurut Alvin Toffler, trend teknologi akan semakin terarah pada 5 hal yaitu AI, Digital Twins, IoT, Big Data dan Data Mining. Sebelum membahsas trend teknoogi tersebut, lantas siapakah Alvin Toffler ?

Allvin Toffler adalah seorang futurolog Amerika yang populer dengan berbagai karya dengan bahasan meliputi revolusi komunikasi, singularitas teknologi dan revolusi digital.

 

Trend teknologi  terjadi pada 5 bidang berikut ini :

 

1. Kecerdasan Buatan atau AI (Artificial Intelligent)

Kecerdasan buatan merupakan kecerdasan yang dapat ditambahkan atau dimasukan kedalam sebuah sistem yang dapat diatur dalam konteks ilmiah, atau didefinisikan juga sebagai kecerdasan entitas ilmiah.

Beberapa bidang yang menggunakan kecerdasan buatan diantaranya adalah serchung, decission tree atau pohon keputusan, Natural Language Prosessor (NLP), Intelegensia Komputasional yang meliputi JST (Jaringan Syaraf Tiruan), AG (Algoritma Genetika) dan LF (Logika Fuzzy), serta Expert System atau sistem pakar.

Manfaat dari produk- produk kecerdasan buatan pun sudah dapat kita rasakan saat ini pula, salah satu contohnya adalah aplikasi diagnosa penyakit dalam yang merupakan produk dari sistem pakar bidang kedokteran.

2. Digital Twins

Yang dimaksud digital twins adalah model virtual yang membantu kegiatan manusia dalam mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi yang akurat ditujukan untuk pengambilan data.


Digital twins pun bekerja pada beberapa tahap yaitu tahap melihat, tahap berpikir dan tahap untuk melakukan.

Digital twins pun memiliki bebrapa jenis yang meliputi komponen, mesin, proses dan juga sistem.

Manfaat dari teknologi digital twins ini adalah mampu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan meningkatkan efisiensi dan memanfaatkan teknologi.

3. IoT (Internet of Things)

Teknologi IoT ini seolah sedang damenjadi topik yang hangat diperbincangkan di beberapa pelaku IT. Hal ini begitu menarik untuk dipelajari, dengan inti konsepnya yang mampu untuk menghubungkan berbagai perangkat kedalam sebuah jaringan yang dapat dikontrol dengan perangkat lainnya yang masih terhubung.

dengan konsep IoT ini, kini fungsi internet bukan hanya  “Internet of Human” atau internet yang menghubungkan manusia dengan manusia lain dengan jarak yang jauh.

Casagras pun mendefinisikan IoT sebagai sebuah infrastruktur jaringan global yang mampu untuk menghubungkan benda fisik dan virtual melalui kemampuan komunikasi dan capture. Adapun infrastruktur yang digunakan adalah berupa jaringan yang sudah terkoneksi dengan internet yang semua hal inijuga memiliki hubungan untuk identifikasi objek, sensor dan jugakemampuan koneksi untuk melakukan layanan pengembangan dan aplikasi koperatif. IoT pun ditandai dengan tingkat otoom data dan capture yang tinggi, konektivitas, event transfer dan interoperabilitas.

 

Lanjutkan membaca ke Trend Teknologi Menurut Alvin Toffler bagian 2 untuk pembahasan lebih meyeluruh.




Article written by dianti rahayu

i am free

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: