Trend Teknologi
E-Learning dan Edukasi

Trend Teknologi Menurut Alvin Toffler Bagian 2

Sebawa– Pembahasan materi sebelumnya dilanjutkan pada artikel ini dan pastikan anda telah membaca Trend Teknologi Menurut Alvin Toffler Bagian 1

4. Big Data

Trend Big Data ini dilatar belakangi dengan berbagai alasan dan manfaat yang dapat berikan untuk penggunanya.

Singkatnya, teknologi big data pun memungkinkan untuk melakukan proses penyimpanan, pengolahan dan analisi data dengan berbagai variasi format dengan jumlah data yang sangat banyak dan velocity cepat jika dibandingkan dengan teknologi yang telah ada sebelumnya seperti MySQL.

Adapun manfaat dari adanya teknologi big data adalah mampu untuk memberi gambaran yang lebih lengkap karena data telah dianalisis dan terstruktur seperti halnya relational database.

5. Data Mining

Data mining muncul sebagai solusi dari banyaknya data dengan banyak pula variasi dari data itu sendiri. Sehingga untuk mencari data yang akurat pun menjadi hal yang cukup merepotkan. Kebutuhan data dari berbagai kalangan masyarakat pun sangat bervariasi. Sehingga Data mining pun akan menjadi trend untuk pemenuhan kebutuhan data.

Mining artinya menambang (dalam bahasa inggris), sehingga konsep dari data mining ini adalah membuat pengguna untuk “menambang” data. Detailnya, data mining merupakan kegiatan mengeekstraks atau menambang data dengan ukuran atau jumlah yang besar.

Dalam data mining pun terdapat beberapa jenis data, diantaranya yaitu :

  • Relational database atau sekumpulan data yang memiliki relasi atau saling berhubungan dalam sebuah database dan dalam satu set program software untuk melakukan pengaturan dan pengaksesan data tersebut.
  • Data warehouse merupakan ruang penyimpanan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, disimpand dalam sekama yang menyatu dan biasanya terletak dalam sebuah site.



Biasanya dalam hal ini pun akan sangat menguntungkan pelaku bisnis dalam melebarkan sayapnya terhadap konsumen.

Contoh kasus  :

Seorang pengusaha asal Tasikmalaya memiliki produk berupa cireng, untuk membuat usahanya maju dengan daya jual yang tinggi di daerah sekitar tempat usahanya, maka dia harus melakukan proses marketing yang tepat sasaran. Si pengusaha tersebut menggunakan media sosial untuk proses marketingnya, maka yang harus ia lakukan adalah mencari data konsumen yang memiliki kecenderungan mendapatkan informasi menggunakan media sosial seputar kuliner, mencari data pengguna medsos yang menyukai produk makanan ringan, memiliki rasa pedas, tinggal di wilayah sekitar Tasikmalaya. Dengan mengetahui data teman media sosial tersebut, maka produk cireng yang dimilikinya pun akan terjual dengan baik pada sasaran yang tepat.

Dan itulah teknologi seputar pengolahan data yang tentu sangat bermanfaat untuk kemajuan beberapa bidang keilmuan, termasuk marketing suatu produk.

 

Trend teknologi yang sangat menarik bukan ? tentu akan semakin menarik jika kita terjun untuk mempelajarinya.




Article written by dianti rahayu

i am free

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: