belajar bahasa pemrograman php
Developer

Tutorial PHP Bagian 9 : Memahami Type Data Pada PHP

Jenis Type Data

Kita lanjutkan ke bagian type data setelah kemarin kita membahasa mengenai konstanta, jika belum membaca tulisan saya tentang konstanta bisa mengunjungi link dibawah ini :

Baca Juga : Menentukan Konstanta

Nilai yang diberikan pada variabel mungkin terdiri dari beberapa type data yang berbeda-beda termasuk type string dan numerik sederhana sampai dengan type data yang lebih kompleks misalnya array dan objek.

Di PHP mendukung type data primitif : Integer, Floating Number/Float, String, Boolean, Array, Object, Resource dan NULL. Tipe data ini biasa digunakan untuk membangun variabel. Kita akan bahas masing – masing :

Integer



Integer digunakan untuk bilangan bulat, tanpa titik desimal (…, -2, -1, 0, 1, 2,….) Integer dapat ditentukan dalam notasi desimal (basis 10), heksadesimal (basis 16 – awalan dengan 0x ) atau oktal (basis 8 – awalan dengan )atau secara optional diawali dengan tanda (  atau +).

Misalnya :


<? php 
 $ a = 123 ; // angka desimal 
 var_dump ( $ a ); 
 echo "
" ; 
 $ b = - 123 ; // angka negatif 
 var_dump ( $ b ); 
 echo "
" ; 
 $ c = 0x1A ; // nomor heksadesimal 
 var_dump ( $ c ); 
 echo "
" ; 
 $ d = 0123 ; // nomor oktal 
 var_dump ( $ d ); 
 ?> 

Catatan: Jika menggunakan PHP 5.4+ kita juga dapat menentukan bilangan bulat didalam notasi biner (basis 2). Untuk penggunaannya didahului dengan 0b , (Misalnya $var = 0b11111111;)

String

String yaitu urutan karakter, di mana setiap karakter sama dengan byte.
String bisa menampung huruf, angka, dan karakter khusus dan bisa berukuran maksimal hingga 2GB (maksimum 2147483647 byte). Cara termudah untuk menentukan sebuah string adalah dengan menyisipkannya dalam tanda petik tunggal (misal ‘Hello Dunia !’), Namun kita juga bisa menggunakan tanda kutip ganda (“Hello Dunia”).

Misalnya :


<? php 
 $ a = 'Halo dunia!' ; 
 echo $ a ; 
 echo "
" ; 
 $ b = "Halo dunia!" ; 
 echo $ b ; 
 echo "
" ; 
 $ c = 'Tinggallah di sini, aku akan kembali.' ; 
 echo $ c ; 
 ?> 

Mungkin dilain kesempatan kita akan membahas lebih detail lagi mengenai String, jika ada pertanyaan langsung saja kirim ke sebawacontent@gmail.com.

Boolean

Boolean seperti switch hanya memiliki dua nilai nyaitu 1 (true) atau 0 (false).

Misalnya :


<? php // Tetapkan nilai TRUE ke variabel $ show_error = true ; var_dump ( $ show_error ); ?>

Array

Array merupakan variabel yang dapat menampung lebih dari satu nilai sekaligus. Hal ini berguna untuk mengumpulkan serangkaian item secara bersama-sama, misalnya satu set nama negara atau kota. Array didefinisikan secara formal sebagai kumpulan nilai data yang diindeks. Setiap indeks (juga dikenal sebagai kunci) dari sebuah array adalah unik dan merujuk pada nilai yang sesuai.

Misalnya :


<? php $warna = array ( "Merah" , "Hijau" , "Biru" ); var_dump ( $warna ); echo "&lt;br&gt;" ; $code_warna = array ( "Merah" =&gt; "# ff0000" , "Hijau" =&gt; "# 00ff00" , "Biru" =&gt; "# 0000ff" ); var_dump ( $code_warna ); ?> 

Dilain kesempatan kita akan membahas mengenai array secara detail.

Object

Objek adalah tipe data yang tidak hanya memungkinkan penyimpanan data tapi juga informasi, bagaimana cara mengolah data tersebut. Objek adalah contoh spesifik dari sebuah kelas yang berfungsi sebagai template untuk objek. Objek dibuat berdasarkan template ini melalui kata kunci baru.

Setiap objek memiliki sifat dan metode yang sesuai dengan kelas induknya. Setiap instance objek benar-benar independen, dengan sifat dan metode sendiri, dan karenanya dapat dimanipulasi secara independen dari objek lain dari kelas yang sama.

Berikut adalah contoh sederhana dari definisi kelas yang diikuti oleh pembuatan objek.


<?php // Definisi Class class pembuka{ // properties public $str = "Hello World!"; // metode function show_pembuka(){ return $this->str;
}
}

// Buat Objek dari class
$message = new pembuka;
var_dump($message);
?>

Elemen data yang tersimpan dalam suatu objek disebut sebagai propertinya dan informasinya, atau kode yang menjelaskan bagaimana mengolah data disebut metode objek.

NULL

Nilai NULL khusus digunakan untuk mewakili variabel kosong di PHP. Variabel tipe NULL adalah variabel tanpa data.

Misalnya :


<?php
$a = NULL;
var_dump($a);
echo "
";

$b = "Helo dunia!";
$b = NULL;
var_dump($b);
?>

Bila variabel dibuat tanpa nilai di PHP seperti $var; itu secara otomatis diberi nilai null. Banyak pemula pengembang PHP keliru menganggap keduanya $var1 = NULL; dan $var2 = “”; sama, tapi ini tidak benar Kedua variabel berbeda – $var1 memiliki nilai null sedangkan $var2 tidak menunjukkan nilai yang ditetapkan padanya.

Resources

Resources adalah variabel khusus, memegang referensi ke sumber eksternal. Variabel Resources biasanya menahan penangan khusus untuk membuka file dan koneksi database.

Misalnya :


<?php
// <span class="notranslate"><span class="cm-comment">Buka file untuk dibaca</span></span>
$handle = fopen("note.txt", "r");
var_dump($handle);
echo "
";

// H<span class="notranslate"><span class="cm-comment">ubungkan ke server database MySQL dengan setting default</span></span>
$link = mysql_connect("localhost", "root", "");
var_dump($link);
?>

Floating Point Number Atau Double

Floating Point Number Atau Double adalah bilangan desimal atau pecahan, seperti ditunjukkan pada contoh di bawah ini.


<?php
$a = 1.234;
var_dump($a);
echo "
";

$b = 10.2e3;
var_dump($b);
echo "
";

$c = 4E-10;
var_dump($c);
?>

Jika ada yang mau ditambahkan silahkan komen dibawah




Article written by Eriga S Al-Mansur

Sebuah media belajar teknologi dan komputer yang sederhana dan dapat memberikan konten yang mudah dipahami dalam mempelajari teknologi dan komputer. "Selalu berbaktilah kepada orang tua mu".

Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: