typography
Desain Grafis

Typography, Karakteristik Dan Seni pada Huruf

Sebawa– Setiap designer harus tahu yang namanya Typography atau karakteristik huruf, dalam dunia desain grafis Typography adalah elemen seni yang unik dengan menggunakan seni huruf, bukan hanya untuk sebagai rangkaian kata untuk di baca melainkan sebagai unsur seni yang sangat menarik. Sederhananya typography di bagi dua jenis yaitu Serif dan Sans serif.

2 Jenis Typography

– SERIF

Karakter huruf Serif bisa kita ketahui dengan cara melihat di setiap bagian kepala dan kaki huruf, memiliki sirip garis atau lebih mudahnya seperti topi di bagian atas dan kaki di bagian bawah dan karakter huruf ini biasanya di gunakan untuk memberikan kesan formal dan elegan, contoh huruf Serif yaitu seperti Times New Roman, Bookman Old Style dan sejenisnya.

– SANS SERIF

Sementara karakter huruf Sans Serif tidak memiliki sirip atau garis kepala dan kaki dan karakter huruf ini biasa di gunakan untuk kesan yang informal, contoh font yang banyak dari kita ketahui berkarakter Sans Serif yaitu Calibri, Comic Sans MS, Arial dan sejenisnya.

Banyak teknik-teknik Typography yang menarik, saya sendiri untuk Typography lebih senang dengan teknik Legibility dengan alasan karena pemotongan dan posisi huruf yang baik membuat huruf tersebut masih dapat terbaca dan yang lebih menariknya lagi, dengan potongan huruf tersebut dapat di bentuk menjadi sebuah objek.


2 Teknik Typography

Saya akan menjelaskan dua teknik Typography  tentang Legibility dan Readability

– LEGIBILITY

Legility adalah mutilasi huruf, memotong sedikit bagian huruf tetapi tidak membuat huruf tersebut sulit untuk dibaca, dalam tahap pembelajaran teknik ini memang agak sulit di karenakan saat kita mencoba pertama kali membuat sebuah kata dengan Legibity, akan ada kemungkinan satu atau dua huruf yang mungkin tidak bisa di sampai-kan kepada pembaca-nya (selain kita sendiri).

– READABILITY

Berbeda dengan Legibility, Readability seperti penulisan pada umumnya mudah di pahami dan dapat terbaca dengan jelas, untuk teknik ini yang di perlukan adalah jenis huruf, alur tulisan, kerning dan pengaturan spasi.

Nah!  jika kamu ingin mencoba atau memang sedang mencoba membuat seni Typography kamu dapat menambahkan elemen lain di dalam huruf tersebut bukan hanya memberikan warna, melainkan seperti memberikan illustrasi atau pattern yang sesuai dengan makna seni huruf tulisan kamu tersebut.

 




Tinggalkan Balasan

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

%d blogger menyukai ini: